Mataram, LombokInsider.com – Pesona Khazanah Ramdahan (PKR) 2018 yang berlangsung sebulan penuh selama bulan ramadhan di Islamic Center (IC) NTB, tak hanya melaksanakan kegiatan yang bersifat keagamaan saja. Namun berbagai agenda kegiatan yang bersifat edukasi maupun perlombaan, juga dilaksanakan.

Menariknya, PKR 2018 yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, bekerjasama dengan Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi NTB ini selain melibatkan unsur pemerintahan, juga secara aktif menggandeng pihak swasta (perusahaan) sebagai panitia penyelenggara even-even dalam PKR. Salah satunya adalah PT Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Mataram, yang menggelar kegiatan BSM SARAN (Silaturahmi dan Berbagi Keceriaan) 2018.

“Kegiatan BSM SARAN ini kami selenggarakan untuk turut mendukung dan memeriahkan pelaksanaan PKR di Islamic Center NTB. Dua kali penyelenggaraan PKR di Islamic Center, dua kali pula kami mengiringi dengan kegiatan BSM SARAN,” kata Branch Manager PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Mataram, Nur Intan, dijumpai di sela kegiatan, Sabtu (2/6).

Sama seperti PKR tahun lalu, BSM SARAN tahun ini juga melaksanakan berbagai mata lomba seperti lomba hadrah dan lomba mewarnai anak, serta photo both contest. “Lomba Hadrah diikuti oleh 6 peserta yang berasal dari Kota Mataram, Lombok Barat, dan Lombok Tengah. Sementara untuk lomba mewarnai anak diikuti oleh 100-an peserta tingkat taman kanak-kanak (TK). Sedangkan photo both contest diikuti oleh umum,” jelasnya.

Tak hanya perlombaan saja, kegiatan lain yang bersifat edukasi juga dilaksanakan, seperti “Takjil Rp 1”, atau membeli aneka makanan dan minuman berbuka puasa, atau takjil dengan harga Rp 1 saja. “Caranya, konsumen membeli takjil seharga Rp 1 yang disiapkan dalam bazar, dengan cara transaksi elektronik, atau melalui pembayaran secara non tunai. Kegiatan ini sekaligus sebagai edukasi bagi masyarakat, untuk membudayakan transaksi non tunai,” ujar Intan.

Kegiatan lainnya sambung Intan, yaitu cuci emas gratis, cek kesehatan gratis kerjasama dengan Mandiri In Health, live music, bazaar, konsultasi pembiayaan syariah, layanan penukaran uang baru, penyerahan CSR kepada sekitar 50 anak yatim, dan test drive kerjasama dengan salah satu dealer mobil di Mataram. “Mengapa kami juga menggelar test drive? Karena di lembaga kami (BSM) juga memiliki fasilitas layanan untuk pembiayaan otomotif,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, HL. Moh. Faozal, menyambut antusias dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi para pihak yag terlibat dalam kegiatan PKR 2018. “Pelibatan secara aktif pihak-pihak swasta dalam berbagai kegiatan yang digelar pemerintah daerah, sekaligus mengindikaksikan bahwa sinkronisasi berbagai program yang dilaksanakan antara pemerintah dan masyarakat itu sukses berjalan,” jelasnya.

Seperti yang sekarang sedang digaungkan Pemerintah Provinsi NTB, yakni wisata halal. Dimana PKR ini digelar juga adalah demi untuk mensukseskan program tersebut. “Dan seperti kita ketahui bersama, untuk mensukseskan sebuah program, apalagi itu pariwisata, maka keterlibatan stakeholder tentu sangat penting. Seperti apa? Ya seperti PKR sekarang ini. Semua pihak ikut terlibat dan berpartisipasi,” tegas Faozal.

Pada penutupan kegiatan BSM SARAN selain diikuti Branch Manager PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Mataram, Nur Intan dan Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL Moh. Faozal, juga dihadiri Region Head RO V Jawa II, Gunawan dan sebagai penutup adalah tausyiah yang disampaikan oleh Kapolres Mataram, AKBP Muhammad. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com