Lomba Pesona 1000 Masjid Berhadian Rp20 Juta

Mataram, Lombokinsider.com – Momentum bulan suci Ramadhan ini tidak disia-siakan begitu saja oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) NTB, mereka sudah mempunyai agenda untuk membuat sebuah acara yang berjudul “Pesona Ramadhan Lombok Sumbawa” yang akan digelar di Taman Budaya NTB pada 20-27 Juni atau 15-22 Ramadhan. Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Budp

 L. Moh. Faozal dalam jumpa pers.

Momentum Ramadhan dimanfaatkan sebagai ajang promosi. L. Moh. Faozal dalam jumpa pers.

ar NTB HL Moh. Faozal pada acara jumpa pers Jum’at (10/6).

“Kami ingin momentum Ramadhan kita isi dengan sesuatu yang lebih bermakna sekaligus sebagai media promosi ciri khas kegiatan apa saja yang dilakukan oleh masyarakat Lombok dan Sumbawa pada saat bulan puasa,” jelas Kadis Budpar NTB HL Moh. Faozal. “Selain itu kami juga ingin membantu ASITA agar dapat akan mensosialisasikan paket wisata halalnya yang telah diluncurkan beberapa hari lalu,” ungkap Faozal.

“Demikian halnya dengan PHRI, kami harap dapat mengikutkan beberapa hotel dan restoran pada acara bazaar untuk menampilkan menu khas yang disajikan di tempat mereka selama Ramadhan ini,” lanju Faozal.

Multi Even

Pesona Ramadhan Lombok Sumbawa ini sendiri terdiri dari beberapa mata acara, ada peragaan busana, bazaar, festival bedug, pesona 1000 masjid, kontes fotolomba menulis sejarah Islam dan kaligrafi.

Kegiatan seperti pesona ramadhan kali ini memang baru pertama dilakukan karena sebelumnya hanya acara spontanitas dengan mengadakan bazaar dan kuliner ramadhan saja, acara ini juga didukung oleh Kemenpar. Pendaftaran untuk seluruh lomba dilakukan di kantor Dinas Budpar NTB, Jl. Langko no. 70 Mataram, HP 0819 1709 6635.

“Lomba fashion, festival bedug, kontes foto, lomba menulis dan kaligrafi terbuka untuk umum, sedangkan untuk bazaar stand akan disii oleh IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia), PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), ASITA (Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies).

“Pada acara bazaar kami menyediakan stand-stand  untuk IWAPI, ABJI dan Perindag untuk mengisinya dengan produk kuliner khas Lombok dan Sumbawa, yang akan disertai keterangan apa dan bagaimana pembuatannya,” kata Faozal.

Sementara untuk lomba bedug panitia menyiapkan 3 buah bedug yang sudah dihias. Selanjutnya nanti peserta dipersilakan menambah bedug dengan hiasan kreasi mereka masing-masing.

Demikian halnya dengan Pesona 1000 Masjid. Kriteria penilaian dititik beratkan pada kebersihan sarana dan prasarana serta manajemen kepengurusan masjid, terutama masjid-masjid di sekitar destinasi wisata. Hadiah total untuk ini sekitar Rp20 juta di mana juara 1-3 akan memperoleh berturut-turut Rp5jt, Rp4jt dan Rp3jt. Sisanya dibagi untuk uang pembinaan masing-masing masjid yang masuk nominasi.

Menulis sejarah peradaban Islam di Lombok pun dilombakan yakni tentang bagaimana Islam masuk dan berkembang di NTB. Lomba ini terbuka untuk umum dan hasil karya tulis dapat dikirim lewat email yang telah disediakan panitia khusus untuk ini yakni di PESONARAMADHAN@gmail.com. Peserta juga bisa melihat infonya di akun FB Lombok Sumbawa, I FEEL GOOD, yang dibuat khusus untuk mendukung penyelenggaraan acara ini.

Untuk kontes foto, hasilnya nanti akan dipamerkan sepanjang acara Pesona Ramadhan berlangsung. Kriterianya adalah hasil foto terbaik dari masjid dengan keunikannya serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan di masjid-masjid selama ramadhan berlangsung. Hadir pada jumpa pers ini Kepala Dinas Budpar NTB, Ketua ASITA NTB, Sekretaris PHRI, perwakilan IWAPI dan juga Dinas Perindag NTB. (LI/AA)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono