Mataram, LombokInsider.com – Untuk meningkatkan promosi pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) meluncurkan akun resmi disbudpar_ntb di situs jejaring sosial berbasis foto Instagram pada Selasa, 18 Mei.

“Kami ingin Instagram ini kelak menjadi hub pariwisata termasuk industri pariwisata di NTB,” kata Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal, sebagaimana dikutip laman Facebook Kementerian Pariwisata.

Promosi sebagai bagian dari strategi pemasaran digital termasuk Instagram sangat efektif. Instagram telah digunakan oleh 400 juta orang per bulannya. Dalam sehari, ada sekitar 80 juta foto yang diunggah dan mendatangkan like sekitar 3,5 miliar. Tak heran bila Instagram kini telah menampung lebih dari 200 ribu pengiklan dari beragam sektor, mulai dari penjualan tiket, promosi aplikasi, hingga penguatan branding suatu perusahaan.

“Bayangkan kalau kekuatan ini digunakan untuk mempromosikan pariwisata. Ajakan mendukung Rinjani menjadi Geopark Dunia pasti akan lebih cepat mendapatkan respon,” kata Gubernur Majdi.

“Mudah-mudahan jumlah wisatawan yang ke NTB semakin meningkat. Lombok itu bukan hanya Gili Trawangan saja. Kita juga punya Rinjani yang sedang berjuang menjadi Geopark dunia yang diakui UNESCO,” tambah Gubernur Majdi.

Peluncuran akun Instagram Disbudpar NTB ini diapresisasi oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. “Tujuan akhir dari kampanye melalui media sosial adalah terjadinya pembelian. Dari look, melalui mesin pencari, dan dipasok data marketing via medsos, lalu book, dan berakhir di pay,” kata Menpar Arief Yahya yang dikenal ahli digital marketing.

“Jadi bukan sekedar promosi, tapi sudah mendorong industri untuk menjual paket-paket. Mendorong agen perjalanan untuk membuat banyak paket wisata, memasarkannya via semua platform media social media, dan disebarkan mana-mana,” jelas Menpar Arief Yahya.

Tetapi, Menpar juga mewanti-wanti bahwa destinasi yang dipromosikan harus diperhatikan. “Banyak atraksi baru, destinasi baru, populerkan, promosikan, dan manfaatkan semua saluran yang ada. Jangan berhenti hanya sampai pada membangun destinasi baru yang standar international. Kembangkan semua potensi yang ada, hadirkan lebih banyak atraksi yang menarik wisman,” tambah Arief Yahya.

Dari penelusuran LombokInsider.com, sampai Kamis, 19 Mei siang, akun Instagram disbudpar_ntb telah memiliki 199 follower dan telah mengunggah 9 postingan. Sementara akun Instagram kemenpar telah memiliki 7994 pengikut dan mengunggah 535 postingan. Sebagai perbandingan, akun Instagram promosi pariwisata Malaysia yakni malaysia.truly.asia memiliki 6741 pengikut dan telah mengunggah 426 postingan. (LI/KM)

Instagram memiliki pengguna sebanyak 400 juta.

Instagram memiliki pengguna sebanyak 400 juta.

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono