Mataram, LombokInsider.com – Bertempat di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB, Rabu kemarin (14/6), menggelar Lomba Tahfiz dan Hafalan Al Qur’an, yang diikuti oleh 50 peserta putra/putri yang berasal dari Pondok Pesantren (Ponpes) se Pulau Lombok.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memeriahkan Pesona Khazanah Ramadan 2017, sekaligus hendak meneguhkan bahwa Pulau Lombok memang layak dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid. Dimana banyak masyarakatnya yang bisa menghafal Al Qur’an,” kata Kepala Dispar NTB melalui Kepala Bidang Atraksi Dispar NTB, Baiq Rahmayati.

Selain itu sambung Maya, sapaan akrabnya, Lomba Tahfiz dan Hafalan Al Qur’an ini sekaligus sebagai media bagi para penghafal Al Qur’an untuk mengaktualisasikan diri. Pun kegiatan juga selaras dengan program Pemerintah Provinsi NTB di bidang kepariwisataan, yang lebih menekankan pada program pariwisata halal, atau Halal Tourism.

“Untuk pelaksanaan Lomba Tahfiz Al Qur,an sendiri dimulai sejak pukul 10.00 Wita, yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu golongan 1 juz putra/putri, golongan 5 juz putra/putri, dan golongan 10 juz putra/putri. Berikutnya usai Lomba Tahfiz Al Qur’an, kegiatan juga akan dilanjutkan dengan khatam Al Qur’an,” lanjut Maya.

Sore harinya, Wakil Gubernur NTB, HM Amin, sesaat sebelum menyerahkan hadiah piagam dan penghargaan lainnya kepada para pemenang Lomba Tahfiz Al Qur’an menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada panitia, khususnya Dispar NTB, yang telah berjuang hampir sebulan penuh selama Ramadan, untuk mewujudkan kemeriahan berbagai agenda kegiatan di Islamic Center NTB.

“Dengan banyaknya agenda kegiatan yang digelar di Islamic Center NTB, maka ini sekaligus menunjukkan bahwa Masjid Hubbul Wathan Islamic Center memang telah dimakmurkan para jamaahnya. Demikian terkait kepariwisataan NTB yang mengusung wisata halal, Islamic Center NTB kedepan bisa menjadi ikon kepariwisataan NTB,” ujar Amin.

Kemudian kepada para pemenang peserta Lomba Tahfiz Al Qur’an, Wagub juga berpesan untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan hafalannya. “Bagi umat Islam, tidak ada generasi yang lebih baik dibandingkan dengan generasi yang bertaqwa, dan menjadikan Al Qur’an sebagai pegangan hidupnya,” pesan Amin.

Setelah dilakukan penjurian, akhirnya terpilih 18 pemenang untuk masing-masing kategori Lomba Tahfiz Al Qur’an. Dimana untuk golongan 1 juz putra, juara I adalah Nasron Azizan, juara II Kholid Ramadhan Radjab, dan juara III Dika Yusuf Prayoga. Kemudian golongan 1 juz putri, juara I yakni Nur Fitrianingsih, juara II Emi Azwarina, juara III Mir’atu Azzahra.

Berikutnya untuk pemenang lomba pada golongan 5 juzz putra, juara I M Sigit Arisman, juara II Zamhadi Rahman, dan juara III Renaldiansyah. Selanjutnya golongan 5 juz putri, juara I Umrotul Aminah, juara II Ayu Ardiya Putri, dan juara III Rifka Amalia Putri.

Sedangkan untuk pemenang lomba untuk golongan 10 juz putra, juara I adalah M Fabiyan Akbar, juara II Ahmad Baehaki, dan juara III M Asyri Ramdhan. Berikutnya golongan 10 juz putri, juara I Rahmataini Karimah, juara II Lily Muthmainnah, dan juara III yakni Wafidatuzzakyah.

Kepada para pemenang Lomba Tahfiz Al Qur’an, hadiah dan piagam diberikan langsung oleh Wagub NTB, HM Amin, dengan didampingi oleh Kepala Dispar NTB, HL Moh. Faozal, Ketua BKOW NTB, Hj Syamsiah Amin, Ketua OJK NTB, Yusri dan lainnya. (LI/SP/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com