Kecelakaan Emirates di Dubai

LombokInsider.com – Sebuah penerbangan pesawat Emirates dengan 300 penumpang mengalami kecelakaan saat mendarat di Bandara Internasional Dubai pada Rabu, namun semua penumpang dan awak pesawat berhasil dievakuasi dengan selamat meskipun pesawat mengalami kebakaran hebat. Demikian dilaporkan Al Jazeera, Rabu (3/8).

Foto dan video dramatis yang dipasang di media sosial menunjukkan pendaratan yang naas, menunjukkan gulungan asap hitam pekat menjulang dari atas pesawat yang terbakar di landasan pacu.

“Kami bisa pastikan bahwa penerbangan EK521 dari Thiruvananthapuram [di Kerala, India] ke Dubai telah mengalami kecelakaan di Bandara Internasional Dubai,” kata Emirates di Twitter.

“Kami bisa pastikan bahwa tidak ada yang meninggal di antara penumpang dan awak pesawat. Semua penumpang dan awak pesawat telah ditemukan dan aman,” kata perusahaan penerbangan tersebut.

Emirates mengatakan bawah ada 282 penumpang dan 18 awak pesawat dalam penerbangan ini, termasuk 226 warga India, 24 Inggris dan 11 Emirat.

KEBAKARAN HEBAT. Seorang pemadam kebakaran dilaporkan tewas saat berusaha memadamkan api.

KEBAKARAN HEBAT. Seorang pemadam kebakaran dilaporkan tewas saat berusaha memadamkan api.

Sean Maffett, analis penerbangan dan mantan pilot, kepada Al Jazeera menuturkan bahwa ini sangat luar biasa dalam kecelakaan ini tidak ada korban meninggal di antara penumpang dan awak pesawat.

“Yang kami ketahui, pesawat tergelincir di sepanjang landasan pacu. Dari video bisa dilihat salah satu mesin lepas, dan pesawat meluncur di sepanjang landasan pacu dengan bagian bawah fuselage dan sayap yang menyebabkan kebakaran hebat,” kata Maffett.

“Yang menurut saya sangat positif adalah bahwa para kru kabin dan dibantu oleh kru pesawat, berhasil mengeluarkan semua 300 penumpang dari pesawat tanpa ada korban yang meninggal,” katanya.

“Itu sangat mengagumkan dan merupakan usaha yang luar biasa dari kru pesawat,” tambahnya.

Seorang penumpang yang dikutip oleh media India mengatakan pesawat turun mendadak saat mendarat dan memantul ke atas, dengan beberapa penumpang mengalami luka ringan sebelum meninggalkan pesawat melalui peseluncuran darurat.

Penumpang yang menyelamatkan diri kemudian dibawa ke pojok tarmak di mana beberapa mendapatkan perawat atas cedera yang dialami.

Alex Macheras, ahli penerbangan berbasis di London, mengatakan bahwa kejadian ini sangat tidak biasa berdasarkan informasi pemantauan penerbangan.

“Emirates mengoperasikan armada yang semuanya jarak jauh. Pesawat ini mendarat dengan kecepatan yang ajeg dan normal sesuai dengan buku panduan mendarat ke bandara, yang sangat sibuk. Melihat foto-foto yang ada, saya tidak melihat ada roda pendarat,” katanya.

CNN melaporkan bahwa seorang petugas pemadam kebakaran bandara meninggal saat berusaha memadamkan api.

 

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono