Penutupan bandar udara internasional Lombok. (Foto: Taufan Rahmadi)

Praya, LombokInsider.com – Akibat penutupan Bandara Internasional Lombok sejak tanggal 1 Agustus 2016 pukul 16.15 WITA sampai dengan tanggal 2 Agustus 2016 pukul 10.00 WITA sebanyak 29 penerbangan dan 3582 penumpang tidak bisa melanjutkan perjalanan mereka.

“Berdasarkan Notice To Airmen (NOTAMR) B4639 tanggal 1 Agustus 2016 dan dikarenakan abu vulkanik Gunung Rinjani (Gunung Baru Jari) maka semua operasional penerbangan baik datang ke dan berangkat dari Lombok International Airport, Praya, dibatalkan sampai menunggu pemberitahuan selanjuta,” kata General Manager Cabang PT Angkasa Pura I, Bandar Udara Internasional Lombok, Praya, I Gusti Ngurah Ardita, Senin (1/8).

BATAL. Para calon penumpang yang batal berangkat berdesakan mengurus tiket mereka. (Foto: Taufan Rahmadi)

BATAL. Para calon penumpang yang batal berangkat berdesakan mengurus tiket mereka. (Foto: Taufan Rahmadi)

Lebih lanjut Ngurah Ardita mengatakan, informasi dari kepala PVMBG bahwa memang terjadi letusan Gunung Rinjani dengan skala kecil dan pihak PVMBG akan melakukan pemantauan langsung ke lokasi dan hasilnya akan diinformasikan secara berkala.

“Pada rapat kordinasi dengan PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Lombok , LPPNPI Distrik Lombok, Airlines dan Ground Handling siang ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi melaporkan bahwa pergerakan abu vulkanik mengarah ke tenggara hingga selatan dari pusat letusan dengan ketinggian diatas 20.00 kaki,” kata Ngurah Ardita.

Penutupan kegiatan operasional bandara ini mengakibatkan dibatalkannya penerbangan-penerbangan yang menggunakan bandara internasional Lombok. “Berdasarkan data yang terkumpul beberapa penerbangan yang batal dan jumlah penumpang yang tidak terangkut dari dan ke Lombok International Airport pada 1 Agustus 2016 tercatat 15 penerbangan keberangkatan domestik dengan 1.419  penumpang, 15 penerbangan kedatangan domestik dengan 1.583 penumpang, 2 penerbangan keberangkatan internasional dengan 306   penumpang, dan 2 penerbangan kedatangan internasional 274  penumpang,” jelas Ngurah Ardita.

Dari laporan beberapa penumpang yang disampaikan melalui media sosial, terlihat para penumpang yang gagal terbang tengah mengurus penggantian perjalanan mereka pada gerai-gerai layanan perusahaan penerbangan di Bandar Udara Internasional Lombok sebagaimana diunggah oleh akun Taufan Rahmadi.

Sementara dari Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta dilaporkan oleh sumber LombokInsider.com bahwa penerbangan Lion Air pk 18.00 ke Lombok dibatalkan. Sedangkan Bandar Udara Ngurah Rai Bali juga belum membuka penerbangan menuju Lombok. Biro perjalanan Jatatur juga belum berani menjual tiket pesawat dengan keberangkatan dari Lombok pada 2 Agustus. (LI/KM)

 

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono