The 3rd Series of Paragliding Accuracy World Cup

Mataram, LombokInsider.com – Perbukitan kawasan Are Guling di Lombok Tengah bakal menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Paralayang Ketepatan Mendarat Seri 3 pada 4 – 8 Agustus. Sekitar 120 peserta dari 20 negara akan berpartisipasi dalam kejuaraan ini.

“Alhamdulillah Lombok, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Paralayang. Kejuaraan dunia ini akan mempertandingkan paralayang nomor ketepatan mendarat yang diikuti oleh atlet-atlet terbaik dunia,” kata Syamsul Hadi, Ketua Panitia Pelaksana The 3rd Series of Paragliding Accuracy World Cup baru-baru ini.

Menurul Syansul Hadi akan ada tiga kejuaraan yang dilaksanakan dalam even ini yakni kejuaraan nasional, kejuaraan tingkat Asia dan kejuaraan tingkat dunia. “Masing-masing negara akan mengirimkan atlet dan tim sebagai perwakilan dalam mengikuti kejuaraan dunia ini. Negara yang akan hadir pada kejuaraan ada lebih dari 20 negara, di mana masing-masing negara akan mengirimkan 4 – 6 orang per timnya sehingga peserta yang akan hadir diperkirakan berjumlah 120 peserta,” kata Syamsul Hadi.

Sampai awal Juni, tim-tim yang sudah mendaftar sudah adalah dari Slovenia, Serbia, Jepang, Amerika, Singapura, China, Taiwan dan tuan rumah Indonesia.

Dalam perlombaan ini, peserta akan lepas landas dari puncak bukit Are Guling pada ketinggian 150 meter dan mendarat di pantai pada ketinggian 0 meter. Jarak antara titik lepas landas dan titik pendaratan adalah sekitar 150 – 200 meter.

Are Guling

Dalam perlombaan ini, peserta akan lepas landas dari puncak bukit Are Guling pada ketinggian 150 meter dan mendarat di pantai pada ketinggian 0 meter.

“Setiap peserta akan diberikan kesempatan untuk melakukan lepas landas sebanyak enam kali,” kata Syamsul Hadi.

Selama mengikuti kejuaraan, para peserta juga akan diajak berwisata di Lombok dengan mengunjungi obyek wisata alam dan wisata budaya. “Ini bagian dari upaya kami membantu pemerintah memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata di Lombok,” jelas Syamsul Hadi.

Seri pertama kejuaraan dunia tahun ini sudah digelar di Montenegro pada Mei 2016 dan seri kedua digelar di Albania juga pada Mei. Seri ketiga diadakan di Lombok Indonesia pada Agustus dan seri keempat akan diselenggaran di Taiwan juga pada Agustus. Sedangkan seri superfinal akan digelar di China pada Oktober. (LI/KM)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono