Mataram, LombokInsider.com – Pusat studi dan anak Universitas Islam Negeri Mataram mengingatkan dampak negatif penggunaan gawai atau smart phone bagi anak. Analisa penggunaan gadget pada usia anak dapat mengakibatkan ketergantungan, cuek dan kecerdasan anak jadi berkurang.

Peran orang tua di perlukan unyuk memberikan pengawasan terhadap penggunaan gawai bagi anak. Peringatan akan dampak negatif dari penggunaan gadget atau smart phone bagi anak dikeluarkan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Negeri Mataram.

Menurut ketua PSGA UIN Mataram, Tuti Harwati, bahwa penggunaan gawai pada usia anak tingkat PAUD dan TK memiliki dampak negatif.

“Dari analisa anak-anak pada usia tersebut, penggunaan gawai dapat mengakibatkan ketergantungan dan kecerdasan anak jadi berkurang, cuek alias kurang respon pada lingkungan sekitar,” kata Tuti.

“Kami berharap para ibu sebagai orang tua yang memiliki waktu lebih banyak bersama anak, untuk memberikan pendampingan saat anak mereka bermain gawai atau menggunakan smart phone untuk bermain game,” jelasnya.

PSGA UIN Mataram menggandeng psikolog dari Universitas Mataram untuk mengedukasi para ibu akan bahaya atau dampak negatif yang di timbulkan dari penggunaan gadget oleh anak.

Di akhir acara ia berharap agar orang tua untuk lebih bijak dalam memberikan media permainan bagi anak sehingga penggunaan gadget dapat di batasi bagi anak usia tertentu. (LI).

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com