Mataram, LombokInsider.com – Masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Barat diharapkan untuk waspada terhadap kondisi cuaca pada 5 hari kedepan periode 18-22 Januari 2018. Hal ini seperti yang disampaikan pada keterangan tertulis yang ditandatangani oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs. Mulyono R. Prabowo, M.Sc. di Jakarta pada Kamis (18/1).

Berdasarkan hasil pantauan BMKG pusat tentang kondisi dinamika atmosfer terkini. Terindikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dan NTB menjadi salah satu daerah yang terdampak.

Daerah yang terdampak cuaca ekstrim diatas adalah; Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Masyarakat secara umum dihimbau agar waspada dan berhati hati akan dampak peningkatan potensi hujan mulai pertengahan Januari 2018, diperkirakan potensi banjir, longsor, genangan, banjir bandang dan pohon tumbang juga turut meningkat.

Wilayah Perairan P. Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Periaran Banten, Hingga Perairan Selatan Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat diperkirakan ketinggian gelombang antara 2 – 4 meter.

Kondisi ini cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan juga bagi masyarakat pesisir antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, Pantai Selatan Banyuwangi. Masyarakat diharapkan agar berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah Pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui: call center 021-6546315/18; http://www.bmkg.go.id; follow twitter @infoBMKG; atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (LI/SP/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com