MTQ XXVI 2016
Golden Palace Mataram

Fully booked menyambut MTQ. Golden Palace Mataram

Lombok bakal benar-benar kebanjiran tamu saat gelaran MTQ XXVI pada periode 27 Juli sampai 7 Agustus yang dipusatkan di Islamic Center NTB Mataram. Para peserta dari seluruh Indonesia bakal menyerbu hotel-hotel dan tempat wisata yang ada. Bahkan berdasarkan penelusuran LombokInsider.com, semua hotel sudah fully booked dan bahkan kekurangan kamar untuk even ini.

Jumlah tamu MTQ diperkirakan berjumlah sekitar 10.000 orang yang terdiri dari panitia, official, peserta dan juga pendukung. Sedangkan jumlah kamar yang tersedia dari 118 hotel bintang dan non bintang yang ada hanya sekitar 4.300. Jadi ada kekurangan 5.700 kamar. Hotel-hotel yang dihubungi LombokInsider.com yakni Hotel Golden Palace, Grand Madani, Santika dan Golden Tulip telah penuh terpesan kamarnya untuk even ini.

Siap Sambut Tamu

Secara umum hotel-hotel di Mataram tampaknya telah siap menghadapi even akbar ini. Sebagian bahkan telah menyiapkan layanan khusus untuk para rombongan. Mereka mulai memasang spanduk-spanduk yang berkaitan dengan kegiatan ini. Hampir semua hotel berbintang seperti Golden Palace, Santika, Lombok Plaza, Golden Tulip dan Lombok Garden telah menyiapkan standar pelayanan berbasis halal, seperti arah kiblat di kamar-kamar, Al Qur’am dan sajadah yang tersedia di front office, musholla yang representatif, juga dari segi makanan dan minuman dengan restoran bersertifikasi halal.

Hotel Golden Palace (GP) mengaku sudah mendapatkan pesanan kamar sekitar Maret lalu. “Untuk MTQ nanti hotel kami sudah terpesan habis oleh tim panitia dari Jakarta, tidak ada yang dari peserta dan pendukung. Nanti pada hari H kedatangan tamu akan kami sambut dengan karyawan yang mengenakan baju syar’i dan pakaian adat lombok,” kata Ida Ayu Nyoman Sri Utami, Sekertaris merangkap Humas di GP.

Sedangkan Hotel Santika sudah sangat siap menghadapi MTQ karena fasilitas hotel dari awal sudah memenuhi standar untuk tamu-tamu muslim. “Kamar hotel kami dilengkapi keran wudhu, juga arah kiblat, restoran kami bersertifikasi halal, musholla hotel juga sangat representatif,” ungkap Reza Bovier, General Manager Santika Hotel Mataram.

Pun demikian dengan Hotel Golden Tulip yang kamarnya sudah standar untuk tamu-tamu muslim sehingga tidak perlu persiapan khusus dan telah penuh dipesan oleh rombongan dari Provinsi Bengkulu, Bali dan Gorontalo. “Hal khusus yang kami lakukan adalah menyambut mereka dengan kesenian tradisional Lombok. Kami juga akan banyak memasang banner dan x-banner destinasi-destinasi wisata di NTB sebagai upaya ikut membantu promosi destinasi,” kata Askar DG Kamis, General Manager Hotel Golden Tulip.

Hotel Grand Madani di Jalan Udayana yang merupakan salah satu hotel terdekat dengan lokasi MTQ kini sedang mengebut penyelesaian pembangunan hotel. “Saat ini 27 kamar sudah operasional dari rencana 56 kamar. Sisanya sedang kami kebut agar bisa selesai saat MTQ karena kamar kami sudah dipesan oleh kontingen dari Gorontalo,” kata Mariansyah Firman Wijaya, Manajer Hotel Grand Madani. (LI/AA)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono