Gubernur NTB Dr KH TGH Zainul Majdi saat menjajal rute

Mataram, LombokInsider.com – Even balap sepeda GFNY di Lombok pada 2 Oktober bakal seru. Setidaknya Gubernur NTB TGH Dr Zainul Majdi, Menteri Sekretaris Kabinet Dr Pramono Anung, dutabesar Norwegia dan duta besar Denmark untuk Indonesia akan berpartisipasi dalam balapan bergengsi kelas dunia ini.

“Kami sangat senang beliau-beliau berkenan berpartisipasi. Sampai saat ini beliau-beliau sudah menyatakan kepastiannya untuk berpartisipasi pada balapan 2 Oktober mendatang,” kata Tenne Permatasari dan Axel Moeller, GNFY Indonesia di Mataram, Selasa (2/6).

Diharapkan ada 1.000 peserta yang mengikuti balapan sepeda ini. “Sampai hari

Axel dan Tenne GFNY Indonesia

Axel dan Tenne GFNY Indonesia

ini ada ratusan pembalap dari 29 negara yang sudah mendaftar. Jumlahnya masih terus bertambah,” kata Tenne.

Tenne menambahkan bahwa persiapan acara ini terus dimatangkan. “Kami sangat sengang dengan kuatnya dukungan dari Bapak Gubernur NTB dan Bapak Kapolda NTB,” tambah Tenne.

GFNY Championship

Ajang balap sepeda jalan raya bergengsi dan profesional Granfondo New York – Indonesia (GFNY Indonesia) bakal digelar di Lombok pada 2 Oktober 2016. Ini merupakan even yang membanggakan karena GFNY Indonesia merupakan salah satu dari rangkaian 9 seri dunia “GFNY Championship” yang pertama kalinya diadakan di Asia. GFNY Indonesia merupakan balapan sepeda sejauh 180 km di jalan raya yang telah disterilkan dan menggunakan chip untuk mengukur waktunya. Disediakan pelbagai hadiah menarik untuk setiap kategori lomba.

Rute Menantang

Balapan ini bakal mengambil rute yang cukup menantang dengan tanjakan-tanjakan berat dan melelahkan. Balapan ini dimulai dan berakhir di Senggigi, kawasan resor pantai yang paling populer di Lombok.

Jalurnya secara ringkas adalah sebagai berikut. Start dari Senggigi lalu ke utara menuju Malimbu, Nipah dan Pusuk. Dari Pusuk dilanjutkan ke Mataram dengan berhenti di Tugu Sapi sebelum melanjutkan perjalanan ke Batu Jari, Batu Jangkih, Sekotong, lalu kembali ke Senggigi via Gerung dan Ampenan.

Balapan ini dibagi dalam dua kategori yakni kompetitif 180 km dan non-kompetitif 80 km. Para pembalap profesional dan pengalaman akan mengikuti kelas kompetitif 180 km sedangkan pembalap pemula bisa mengikuti kategori non-kompetitif 80 km.

Panitia balap dan sekitar 35 pembalap NTB termasuk Gubernur NTB, Dr KH TGH Zainul Majdi telah menjajal rute ini. “Hari pertama kami menjajal rute selatan dan pada hari kedua kami melalui rute

160607 GFNY Indonesia Lombok1

Even Internasional. GFNY Indonesia Lombok even balap sepeda internasioal.

utara. Bapak Gubernur NTB Dr. K.H. TGH.Muhammad Zainul Majdi, ambil bagian dalam gowes hari pertama,” kata Widi, Bagian Komunikasi GFNY Indonesia.

Granfondo New York pada 2016 memiliki kalender ajang balapan yang cukup padat yakni April di Kolombia, Mei di New York, Juni di Perancis, Agustus di Jerman, September di Italia dan terakhir Oktober di Lombok Indonesia.

GFNY merupakan perlombaan daya tahan perorangan di mana peserta berlomba melawan peserta lain, jam dan diri sendiri. Semua ajang GFNY di seluruh dunia memberikan tantangan yang sama di pelbagai lokasi yang berbeda. Selain itu, peserta juga berkesempatan untuk mendapatkan posisi start di depan dalam Kejuaraan GFNY. Semua ajang  GFNY setiap peserta seolah menjadi pembalap profesional selama sehari itu dengan mengikuti start secara massal, chip pencatat waktu perorangan dari start sampai finish dengan penghargaan untuk semua kategori; dan perjalanan pada jalan yang tertutup atau dipandu polisi untuk memastikan peserta tidak harus berhenti selama perlombaan. (LI/KM)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono