Menag mengumumkan 1 Ramadhan 1437 H
Jamaah sholat tarawih meninggalkan masjid Raudatul Jannah.

Jamaah sholat tarawih meninggalkan masjid Raudatul Jannah.

masjid raudatul jannah pagutan permai mataram

Jemaah masjid Raudatul Jannah tengah mendengarkan pengumuman dari pengurus masjid.

Mataram, LombokInsider.com – Segera sesudah Kementerian Agama Republik Indonesia melalui sidang isbat menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada Senin, 6 Juni 2016, maka umat Islam di Mataram membanjiri masjid-masjid untuk melakukan sholat tarawih.

Dalam siaran pers Kemenag, Menteri Agama mengucapkan selamat berpuasa esok hari (Senin). “Mari kita bersama menjaga kesucian bulan Ramadhan, semoga kualitas peribadatan kita dalam menjalani Ramadan ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” ucap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kemenag Jalan MH. Thamrin No. 6 Jakarta, Minggu (5/6).

Di Masjid Raudatul Jannah di Kompleks Perumahan Pagutan Permai sekitar 300 jamaah laki-laki dan 100 jamaah wanita memenuhi masjid yang tengah direnovasi tersebut. Sholat tarawih dilaksanakan dalam 8 rekaat dengan salam setiap dua rekaat. Imam membacakan surat Al Baqarah dari ayat 1 sampai 19 oleh seorang hafidz muda. Setelah itu dilakukan sholat witir 3 rekaat dan ditutup dengan do’a qunut yang diimami oleh Ustadz Akhyar Rosyidi, L.c. lulusan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta.

Sementara itu sholat tarawih di Masjid Al Ikhlas di Kompleks Perumahan BTN Rembiga diikuti oleh sekitar 250 jemaah laki-laki dan wanita dan dipimpin oleh imam H. Ahmad Hadi, SH.

Kegiatan Ramadhan

Kegiatan-kegiatan keislaman semakin ditingkatkan di bulan Ramadhan. Pengurus Masjid Raudatul Jannah, Ir H. Uyek Mali Yakop, MSc. Mengumumkan bahwa selama Ramadhan akan diadakan kuliah singkat setiap sholat tarawih dan sholat subuh. Selain itu juga akan diadakan kegiatan-kegiatan sosial dengan memberikan bantuan kepada fakir miskin melalui infak dan sedekah dari para jamaah. Pengurus masjid juga akan mengumpulkan dan membagikan zakat fitrah.

“Alhamdulillah renovasi masjid Raudatul Jannah yang sudah berlangsung selama tujuh tahun, saat ini sudah hampir selesai berkat infak jamaah semuanya. Saat ini pengurus masjid tengah menyiapkan renovasi tahap selanjutnya yakni pemasangan keramik untuk lantai dua dan pembangunan menara masjid,” kata H. Uyek.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia renovasi masjid akan melakukan lelang untuk pemasangan keramik lantai dua dan pembanguna menara tersebut dan mengharapkan jamaah untuk memberikan infaknya agar pembangunan masjid ini bisa segera selesai,” kata H. Uyek.

Ramadhan juga menghadirkan peluang usaha bagi masyarakat. Di lapangan kompleks BTN Pagutan Permai telah didirikan lapak-lapak untuk pedagang. Pelbagai makanan khas buka puasa biasa diperdagangkan selama Ramadhan di lapangan ini. Selain itu, pakaian muslim dan mainan anak-anak juga dijajakan. (LI/KM)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono