Mataram, LombokInsider.com – Sebagai salah satu upaya untuk terus mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat (NTB), Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pariwisata NTB bekerjasama PB ISI dan Uni Cyliste Internationale (UCI) 2.2, kembali menggelar balap sepeda bergengsi kelas internasional Tour de Lombok Mandalika (TdLM) 2018.

Even balap sepeda internasional berlisensi Uni Cyliste Internationale (UCI) 2.2 yang akan berlangsung pada 13-15 April mendatang ini, diluncurkan oleh Dispar NTB, Minggu (1/4) pada kegiatan Car Free Day (CFD) di Jalan Udayana, Mataram.

Pesona Keindahan Pulau Lombok

“Hari ini, kita luncurkan Tour de Lombok Mandalika 2018, ini yang kedua setelah 2017 lalu, ada 18 tim dari berbagai negara di Asia. Seperti tahun lalu, para pebalap akan melewati keindahan destinasi-destinasi wisata di Lombok yang dilewati dalam rute,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL. Moh. Faozal.

“Keindahan Pulau Lombok akan menjadi pesona tersendiri bagi para pebalap, ini juga yang mereka rasakan tahun lalu, sehingga mereka sangat antusias untuk ikut kembali. Karena pesona keindahan alam Lombok,” ujarnya.

Menurut Faozal, tahun ini hanya akan ada tiga etape, tidak seperti tahun lalu empat etape. Etape yang dikurangi adalah jalur Bangsal-Senaru.

Tiga Etape

Tiga etape itu antara lain, etape I, Kuta Mandalika-Kota Mataram yang menempuh jarak 84,4 Km. Akan mengambil start di pantai Kuta, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah dan finish didepan kantor Gubernur NTB di jalan Pejanggik, Kota Mataram.

Rute Kuta Mandalika – Kota Mataram akan melintasi sejumlah destinasi wisata, seperti gugusan pantai di KEK Mandalika, kawasan perkampungan tradisional Sasak di Sade dan Ende Lombok Tengah, Lombok Internasional Airport (LIA), persawahan dengan udara segar di sepanjang lintasan by pass LIA, serta destinasi wisata Kota Mataram.

Sedangkan etape dua, yang merupakan etape favorit para pebalab, karena sangat menantang adalah rute Mataram – Sembalun, Lombok Timur dengan jarak tempuh172.4 Km. Rute ini mengambil start di depan Islamic Center NTB di Kota Mataram yang menjadi ikon wisata halal NTB, kemudian menyusuri sejumlah destinasi di Lombok Tengah dan Lombok Timur, sebelum sampai pada finish di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Sembalun merupakan kawasan wisata yang terletak di kaki Gunung Rinjani di Lombok, yang juga sudah ditetapkan sebagai kawasan destinasi wisata halal di NTB. Sembalun juga pernah meraih penghargaan sebagai The Best Halal Honeymoon Destination pada 2016 silam.

Sementara etape ketiga, adalah circiut race di Kota Mataram dengan jarak 110 Km. Rute ini akan mengambil start di Taman Sangkareang, Kota Mataram, kemudian menyusuri sejumlah destinasi wisata seperti gugusan pantai di jalan Lingkar Ampenan, dan juga kawasan Kota Tua Ampenan dan kembali finish di Taman Sangkareang, Mataram.

“Semua destinasi yang akan dilintasi para pebalap TdLM 2018 kita persiapkan lebih matang lagi. Sebab event sport tourism ini menjadi salah satu promosi positif bagi pariwisata NTB, sekaligus dalam upaya mendorong Lombok ini menjadi destinasi sport tourism berskala internasional,” katanya.

Faozal menambahkan, bahwa untuk TdLM 2018 ini, selain para pebalap akan memperebutkan point UCI, juga hadiah tunai yang totalnya mencapai Rp350 juta.

Partisipan

Sementara itu, perwakilan PB ISSI, Yunita menjelaskan, event TdLM 2018 berlisensi UCI 2.2 akan diikuti sekitar 18 tim pebalap sepeda dari 18 negara. Tiap tim rata-rata terdiri dari 5 orang pebalap sepeda.

“Akan ada 18 tim dari 18 negara yang ikut dalam TdLM 2018 ini, seperti dari Malaysia, Jepang, Australia, Kazakhtan, China, dan sebagainya. Termasuk timnas Indonesia,” kata Yunita.

Dalam acara peluncuran TdLM 2018 ini Dinas Pariwisata NTB bersama PB ISSI menggelar circuit race percobaan yang diikuti sejumlah tim sepeda dari Mataram dan NTB. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com