Mataram, LombokInsider.com – Kepeduliannya terhadap kemajuan dan ingin berkontribusi lebih besar bagi pariwisata Indonesia, khususnya pariwisata di tanah kelahirannya, Nusa Tenggara Barat (NTB) membuat seorang Taufan Rahmadi rela mundur dari jabatannya sebagai Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Wisata Prioritas Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI, PIC Mandalika dan maju sebagai bakal calon Legislatif DPR RI 2019.

“Ini sesuatu yang tidak mudah, pariwisata adalah passion saya, banyak kawan-kawan di bawah yang ingin saya maju. Mereka ingin saya menjadi wakil untuk menyuarakan aspirasi mereka kepada pemerintah pusat, terkait pariwisata,” kata Taufan Rahmadi, saat berjumpa dengan media pada Kamis (10/5) di Rumah Makan Taliwang, H. Moerad, Jl. Pelika no. 6 Mataram.

Banyak berdiskusi dengan pemuda-pemuda desa dan mendengarkan aspirasi mereka, membuat Taufan tersentuh dan sadar, bahwa yang ia lakukan selama ini di pariwisata belum seberapa jika dibandingkan kebutuhan dan harapan mereka akan majunya pariwisata di desa-desa mereka.

“Mendengarkan suara harapan mereka agar pariwisata bisa berdampak lebih besar pada kesejahteraan masyarakat di desanya, benar-benar menyentuh, sehingga membuat saya membulatkan tekad bahwa harus melakukan sesuatau yang jauh lebih besar dari ini,” ujarnya.

Melanjutkan bisnis keluarga, serta rencana meniti karir politik, adalah 2 alasan yang melatarbelakangi Taufan untuk mundur dari posisi di Tim 10. Taufan tidak ingin terjadi polemik dan menghindari anggapan publik bahwa ia memanfaatkan posisi tersebut untuk memuluskan rencana politiknya.

“Teman-teman pariwisata yang selama ini mengenal dan mengetahui kinerja saya, semata-mata menginginkan untuk suarakan aspirasi mereka tentang pariwisata di tingkat yang lebih tinggi. Faktanya, NTB merupakan daerah yang hidup dari sektor pariwisata, namun tidak memiliki wakil di DPR RI yang secara khusus menyuarakan pariwisata,” jelas Taufan.

Alasan-alasan inilah yang membuatnya akhirnya memutuskan untuk maju di dunia politik, melalui jalur pencalonan Bakal Calon Anggota Legislatif DPR RI 2019 dari Partai Gerindra Dapil I (Pulau Lombok). Menurutnya, hal ini semata-mata karena ingin menyuarakan aspirasi pariwisata NTB dan memberikan dedikasi yang lebih besar untuk pariwisata Indonesia.

Sebelum diangkat oleh Menteri Pariwisata sebagai anggota Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Wisata Prioritas, Taufan merupakan Ketua BPPD NTB periode 2014-2016 dan menjabat Tim 10 sejak 2016 hingga April 2018, selain itu, Taufan juga menjadi founder dari komunitas Temannya Wisatawan.

Pengunduran Taufan, telah diterima oleh Ketua Tim Percepatan Kemenpar RI dan efektif berlaku mulai 1 Mei lalu. Taufan sangat berterima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh Menpar Arief Yahya dan Ketua Tim Hiramsyah S. Thaib, atas amanah yang dipercayakan kepadanya sebagai PIC Mandalika.

“Bantu Saya Suarakan Pariwisata NTB,” tegas Taufan, seraya mohon dukungan kepada keluarga besarnya dan seluruh masyarakat NTB. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com