Masjid Agung Praya, Lombok Tengah. Foto oleh: Putre Saja

Festival Pesona Ramadhan Resmi Dimulai

Mataram, LombokInsider.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyatakan siap menjadi tuan rumah wisata halal karena aspek-aspek pendukung seperti akomodasi, restoran, destinasi wisata, pelaku wisata dan masyarakat juga sudah mulai memahami hakikat dan konsekuensi wisata halal. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB Ir H Rosyadi H. Sayuti, MSc., PhD., Senin (20/6) di sela-sela peresmian acara Pesona Ramadhan di Taman Budaya Mataram.

“Insya Allah NTB sudah siap. Tinggal bagaimana mulai saat ini membiasakan diri peduli terhadap kebersihan lingkungan, terutama di sekitar destinasi wisata karena kebersihan inilah yang masih banyak menjadi problem di daerah kita NTB,” jelas Sekda Rosyadi.

Pernyataan senada dan optimisme juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, H.L. Moh. Faozal. “Para General Manager Hotel di Mataram yang tergabung dalam Indonesian Hotel General Manager Assosiation (IHGMA) menyatakan telah siap untuk mendukung penuh wisata ha

Siap. Sekda Rosyadi optimis NTB siap menjadi tuan rumah wisata halal.

Siap. Sekda Rosyadi optimis NTB siap menjadi tuan rumah wisata halal.

lal di NTB ini. Karena jika pariwisata NTB berhasil, otomatis akan menghasilkan devisa bagi negara dan peningkatan PAD bagi daerah tujuan wisata itu sendiri,” jelas Faozal.

Optimisme Pemerintah Provinsi NTB ini sejalan dengan hasil survei yang dilakukan oleh LombokInsider.com baru-baru ini. Survei ini mendapati bahwa secara keseluruhan responden melihat bahwa NTB baru 50% siap untuk menyambut wisata halal. Ini bukanlah hasil yang buruk karena ini bisa dikatakan sebagai rona awal keadaan wisata halal NTB apa adanya sebelum program-program besar pembenahan dilakukan oleh pemerintah dan pelaku usaha.

Meskipun begitu, ada dua variabel yang menurut responden tidak atau belum siap. Inilah dua pekerjaan rumah yang harus digarap oleh pemerintah dan para pelaku wisata NTB.

Pertama, destinasi-destinasi halal di NTB dipandang oleh 75% responden sebagai masih ada kegiatan-kegiatan yang tidak halal. Responden juga mempertahankan bagaimana mengawasi kegiatan-kegiatan yang tidak halal ini. Kita semua mahfum apa saja kegiatan yang tidak halal tersebut dan itulah tantangan terbesar kita.

Pesona Ramadhan

Acara Pesona Ramadhan dilaksanakan sebagai ajang promosi pariwisata NTB. Mata acara yang digelar meliputi fashion show, bazaar, festival bedug, Pesona 1000 Masjid, kontes fotolomba menulis sejarah Islam dan kaligrafi.

“Respon masyarakat sangat luar biasa terhadap acara ini. Di halaman Taman Budaya telah dipenuhi foto-foto masjid yang ikut dalam Lomba Pesona 1000 masjid. Hampir seluruh masjid di kota Mataram dan Kabupaten ditampilkan,” kata Faozal.

Sementara di bagian belakang Taman Budaya banyak berdiri stan yang telah disediakan bagi peserta bazaar untuk menampilkan barang dagangannya berupa oleh-oleh khas Lombok terdiri dari makanan, kaos, kain tenun dan juga kerajinan tangan lainnya.

“Dengan acara ini kita harapkan promosi pariwisata NTB semakin meningkat. Acara ini juga dihajatkan untuk mendukung promosi menjelang acara MTQ Nasional pada 28 Juli – 7 Agustus mendatang,” jelas Faozal.

 

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

Foto utama oleh: Putre Saja

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono