Mataram, LombokInsider.com – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 merupakan milik seluruh rakyat Indonesia, baik yang tinggal di kota maupun desa, di dalam negeri maupun diluar, seperti itulah kurang lebih yang ingin disampaikan oleh seluruh rakyat Indonesia dimanapun mereka berada pada (17/8). Demikian halnya dengan yang terlihat di Lingkungan Gegutu Barat, Kelurahan Rembiga, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, kegembiraan masyarakat dituangkan dalam pelbagai mata lomba peringatan hari kemerdekaan.

Lomba-lomba

Favorit. Salah satu lomba favorit, panjat pohon pisang

Favorit. Salah satu lomba favorit, panjat pohon pisang

“Ada sekitar belasan mata lomba yang dilaksanakan seperti, panjat pohon pisang, gigit uang di buah semangka, makan kerupuk, balap karung dengan memakai helm, tarik tambang, memasukan paku dalam botol, sendok kelereng, pecahkan plastik berisi air dan lainnya,” jelas Salman yang merupakan panitia lomba. Hadiah yang disediakan berupa doorprize dan uang tunai, penonton dan peserta terlihat sama-sama antusias melaksanakan setiap mata lomba. Karena keterbatasan waktu lombapun akan dilanjutkan sore hari ini (18/8).

“Hal semacam ini sudah rutin kami lakukan tiap tahunnya, ini sebagai salah satu wujud rasa cinta tanah air dan menggelorakan semangat perjuangan, karena untuk mendapatkan hadiah para peserta harus berjuang dan bersatu, terutama pada lomba panjat pohon pisang. Kami menggunakannya sebagai pengganti pohon pinang yang sudah jarang ditemukan serta lebih berat dan sulit untuk diangkat,” ungkap Salman.

Memaknai Kemerdekaan

Peserta lomba terdiri dari anak-anak, remaja, ibu dan bapak, semua tampak gembira dan suka cita untuk ikut mewarnai dan memaknai kemerdekaan RI. Sementara itu di sekitar komplek BTN Rembiga hal yang sama juga dilakukan warga BTN utamanya anak-anak.

“Maksud diadakannya lomba ini setiap tahun adalah untuk mengisi dan mewarnai kemerdekaan yang telah direbut dengan susah payah mengorbankan harta, tenaga, waktu dan jiwa serta memupuk jiwa patriotisme generasi muda penerus bangsa,” kata Ahmad Sousi, ketua panitia lomba, yang juga seorang guru sekolah dasar di Rembiga.

Aman. Demi keamanan lomba lari karungpun pakai helm, mantap.

Aman. Demi keamanan lomba lari karungpun pakai helm, mantap.

Tak terasa memang bahwa bangsa Indonesia telah merdeka selama 71 tahun lalu, namun apakah kemerdekaan ini sudah benar-benar kita nikmati, karena masih banyak rakyat yang belum dapat menikmati kemerdekaan. Sesuai dengan pasal 33 pada UUD 1945 diman bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Apakah pemerintah sebagai penyelenggara negara telah benar-benar melaksanakannya dengan amanah, mari kita sebagai rakyat bersatu padu bersama pemerintah untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur, damai dan sentosa….merdeka!!! (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com