Bima, LombokInsider.com – Kabupaten Bima dikenal dengan beberapa obyek wisata yang sangat menarik seperti pantai Lariti, Air Terjun Wai Marai, Sangiang, Uma Lengge dan banyak lagi. Potensi-potensi tersebut belum terkelola dengan baik untuk menjadi sebuah produk wisata unggulan di Bima.

Hal ini tentunya menjadi PR penting bagi Pemerintah Daerah khusunya Dinas Pariwisata Kabupaten Bima untuk membangun destinasi wisata yang ada dan dikelola dengan baik oleh SDM yang kompeten. Poltekpar Negeri Lombok ikut mendukung apa yang menjadi komitmen Pemda Kabupaten Bima ini.

Pengembangan SDM dilakukan melalui kegiatan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata “Menuju Destinasi Ramah dan Berkelanjutan” yang berlangsung (19-20/6), di Hotel Marina Bima.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Farid Said, M.Pd (Poltekpar Lombok) dan H. L. Moh. Fauzal, M.Si (Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB). Ke dua narasumber menyampaikan materi tentang manajemen tata kelola destinasi yang berkaitan dengan pariwisata berkelanjutan seperti pengelolaan homestay, pemandu wisata, produk wisata dan ekowisata.

Menurut Farid Said, kegiatan seperti penting dilakukan secara berkala agar membantu peningkatan SDM terutama tentang pariwisata pariwisata ramah lingkungan yang menjadi konsentrasi industri pariwisata global.

“Hal ini sangat penting, karena akan meningkatkan kompetensi para pelaku pariwisata dalam pengelolaan potensi wisata sehingga SDM pariwisata kita lebih profesional dalam mengelola produk pariwista di Kabupaten Bima,” jelas Wakil Direktur Poltekpar Negeri Lombok ini. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari Kelompok Sadar Wisata di Kabupaten Bima. Ke 40 peserta tersebut berasal dari Pokdarwisa di beberapa desa wisata yang tersebar antara lain Kawinda Toi, Piong, Labuhan Kenanga, Oi Panihi, Samburi, Maria, Soro, Risa, Panda, dan Tolo Tanga. Pada hari pertama, seluruh peserta diberikan materi tentang tata kelola. Kemudian di hari kedua, peserta diajak untuk belajar studi kasus dn observasi lapangan dengan mengambil lokasi di Pantai Lariti. (LI)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com