Anugerah Wisata Halal 2016

Jakarta, LombokInsider.com – Sebagai persiapan Indonesia untuk mengikuti ajang World Halal Travel Awards 2016, Kementerian Pariwisata menggelar Kompetisi Halal Tingkat Nasional 2016 agar bisa mempertahankan tiga gelar internasional yang telah dicapai pada 2015.

“Tiga penghargaan yang diperoleh Indonesia pada World Halal Travel Awards di Uni Emirat Arab pada Oktober 2015 yang lalu harus kita pertahankan,” kata Deputi  Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dadang Rizki Ratman dalam diskusi bertema Menjadikan Indonesia Sebagai Destinasi Favorit Wisata Halal  dengan Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) Rabu (28/6) di Jakarta.

Ditambahkannya, tiga penghargaan tersebut adalah Lombok, Indonesia sebagai The World’s Best Halal Tourism Destination, Lombok, Indonesia sebagai The World’s Best Halal Honeymoon Destination, dan  Sofyan Hotel sebagai The World’s Best Family Friendly Hotel.

Kompetisi Nasional

Dadang Rizki Ratman menjelaskan, untuk mempertahankan award bergengsi tersebut Indonesia akan kembali berpartisipasi dalam World Halal Travel Awards 2016 mendatang. Untuk ini sebagai persiapan di antaranya dengan menyelenggarakan Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016 yang akan berlangsung 13 Juni hingga 7 Agustus 2016.

“Penyelenggaraan Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016 ini merupakan program kerja Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal.  Dalam kompetisi ini ada 14 kategori yang akan diberikan penghargaan,” jelas Dadang.

Dalam penyelenggaraan kompetisi pariwisata halal tingkat nasional 2016, terdapat 14 kategori perlombaan yakni:

  1. KategoriPenerbangan Ramah Wisatawan MuslimTerbaik;
  2. Kategori Airport Ramah Wisatawan MuslimTerbaik;
  3. Kategori Hotel Keluarga Ramah Wisatawan MuslimTerbaik;
  4. Kategori Hotel Luxurious Ramah Wisatawan MuslimTerbaik
  5. Kategori Apartemen Ramah Wisatawan MuslimTerbaik;
  6. Kategori Resort Pantai Ramah Wisatawan MuslimTerbaik;
  7. Kategori Biro PerjalananWisataHalal Terbaik;
  8. Kategori Website Travel Ramah Wisatawan MuslimTerbaik;
  9. Kategori Perusahaan KapalPesiar Ramah Wisatawan MuslimTerbaik;
  10. Kategori Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan MuslimTerbaik;
  11. Kategori Operator Haji dan UmrohTerbaik;
  12. Kategori DestinasiWisata Halal Terbaik
  13. Kategori Destinasi Kuliner Halal Terbaik; dan
  14. Kategori Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim.

 

Informasi lebih lanjut tentang lomba ini bisa didapatkan pada link di akhir berita ini. (LI/SP).

http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=17&id=3208

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono