hobbit air new zealand

Keterangan foto: Awak penerbangan Air New Zealand mengenakan kostum hobbit untuk mempromosikan pariwisata.

 

Mataram, LombokInsider.com – Lebaran tinggal delapan hari lagi. Bagi mereka yang tengah merencanakan mudik ke kampung halaman, pasti tengah sibuk mempersiapkan perjalanannya, termasuk mencari tiket pesawat atau tiket bus. Bagi mereka yang akan bepergian dengan pesawat terbang, ada baiknya mengenal apa itu peringkat perusahaan penerbangan dan keselamatan atau airline and safety rating.

Garuda Indonesia kini menyediakan akses internet dalam pesawat.

Garuda Indonesia kini menyediakan akses internet dalam pesawat.

Salah satu yang melakukan pemeringkatan perusahaan penerbangan dan keselamatannya adalah Airlineratings.com, yang diklaim sebagai situs web penilai peringkat keselamatan dan produk perusahaan penerbangan yang terbaik di dunia. Perusahaan lainnya yang melakukan pemeringkatan adalah Skytrax dan Air Transport World.

Perusahaan ini memberikan pemeringkatan keselamatan yang dilakukan oleh para ahli terhadap 435 perusahaan penerbangan di seluruh dunia. Situs web ini dibuat untuk memberikan informasi segala sesuatu yang terkait dengan penerbangan yang disajikan oleh redaktur penerbangan yang telah meneliti secara forensik hampir semua perusahaan penerbangan di dunia.

Sistem penilaian memberikan nilai dari bintang satu sampai bintang t

Susunan kursi dalam peswat Batik Air

Susunan kursi dalam peswat Batik Air

ujuh, di mana bintang tujuh merupakan peringkat tertinggi. Sistem pemeringkatan mempertimbangkan pelbagai faktor terkait dengan audit dari otoritas penerbangan, asosiasi penerbangan dan juga data keselamatan internal perusahaan penerbangan.

 

Lebih dari 230 perusahaan penerbangan yang mengangkut 99 persen penumpang di seluruh dunia memiliki perngkat produk. Tabel berikut menyajikan peringkat keselamatan dan produk perusahan penerbangan  Indonesia dan beberapa maskapai negara jiran sebagai perbandingan.

Peringkat Keselamatan dan Produk (Airlineratings.com, 2016)

Nama Perusahaan Penerbangan

Negara Asal

Safety Rating

(1 – 7)

Product Rating

(1 – 7)

Batik Air Indonesia 2 6
Citilink Indonesia 2 1,5
Garuda Indonesia Indonesia 3 6
Lion Air Indonesia 2 1
Wings Air Indonesia 1 3
TransNusa Indonesia 1 Pending
Trigana Indonesia Pending Pending
Air Asia Indonesia Indonesia Pending 2
KalStar Indonesia 1 Pending
Sriwijaya Air Indonesia 1 3
Xpress Air Indonesia 1 Pending
Malaysian Airlines Malaysia 5 6,5
Singapore Airline Singapura 7 7
Silk Air Singapura 7 5
Thai Airways Thailand 4 6,5
Qantas Australia 7 7
Emirates Uni Emirat Arab 7 7
Saudia Arab Saudi 7 4
United Amerika 7 3,5
Air India India 6 5
Qatar Qatar 5 7
All Nippon Airways Jepang 7 6,5
Air China China 7 5
British Airways England 7 6
Air New Zealand Selandia Baru 7 7

Dari tabel peringkat di atas, secara nilai total berurutan peringkat 5 perusahaan penerbangan terbaik adalah 1. Garuda Indoesia (9), 2. Batik Air (8), 3. Wings Air (4), 4. Citilink (3,5) dan 5. Lion Air (3).

Sedangkan secara internasional, untuk tahun 2016 yang menjadi 10 peringkat pertama adalah 1. Air New Zealand, 2. Qantas, 3. Etihad, 4. Cathay Pacific, 5. Singapore Airlines, 6. Emirates, 7. EVA Air, 8. Virgin Atlantic/Virgin Australia, 9. All Nippon Airways dan 10. Lufthansa.

Nah, silakan Anda memilih. Pertimbangan dan keputusan ada pada Anda. Selamat bersiap-siap mudik. (LI/KM)

 

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono