Mataram, LombokInsider.com – Sebagai bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus memperingati Hari Pariwisata Se-Dunia, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Lombok bersama seluruh Civitas Akamedika dan masyarakat sekitar melakukan kegiatan bakti wisata. Mereka bergerak membersihkan destinasi wisata, khususnya toilet di Pantai Loang Baloq, Ampenan, pada Jum’at pagi (29/9).

Sebagai Contoh Baik

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Mataram, H. Abdul Latif, mengatakan bahwa apa yang dilakukan Poltekpar ini sangat baik dan bisa menjadi contoh bagi perguruan tinggi atau sekolah-sekolah lain yang ada di Mataram.

“Kepedulian kepada kebersihan destinasi wisata adalah tangggunjawab kita bersama, khususnya generasi muda dan apa yang dilakukan Poltekpar Negeri Lombok ini bisa menjadi contoh bagi yang lain,” kata Abdul Latif, saat memberikan sambutan. Kadispar berharap kedepannya kegiatan semacam ini dapat dilakukan berkelanjutan.

Peringatan Hari Pariwisata Sedunia

BERSIH. Aksi Bersih Oleh Mahasiswa dan Civitas Akedemika Poltekpar Negeri Lombok, Jum’at (29/9), Pantai Loang Baloq. (foto Poltekpar)

Sementara itu, Dr. Hamsu Hanafi Direktur Poltekpar Negeri Lombok, menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan aksi kebersihan civitas akademika Poltekpar Lombok ini adalah implementasi dari tema World Tourism Day (Hari Pariwisata Sedunia), yakni pariwista berkelanjutan sebagai alat mengembangkan pariwisata.

“Karena jika desinasi pariwisata kotor, khususnya toiletnya, maka tidak akan ada wisatawan yang datang berkunjung. Kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat agar mampu menjaga kebersihan di destinasi pariwisata masing masing khususnya destinasi pariwisata di Nusa Tenggara Barat,” ucap Hamsu.

“Selain itu hal ini juga sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Kehadiran Poltekpar Negeri Lombok di NTB juga harus mampu menjadi leading sektor pembangunan kepariwisataan dan melakukan kerja nyata sebagai perguruan tinggi vokasi yang dibutuhkan masyarakat,” lanjutnya.

Hal senada disampaikan DR. Farid Said, Wakil Direktur Poltekpar, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, bahwa kegiatan bakti wisata ini merupakan rangkaian dari beberapa program kegiatan yang dilakukan Poltekpar.

“Ini semua merupakan rangkaian kegiatan, diantaranya, aksi bersih di Pantai Loang Baloq, penyuluhan kebersihan kepada 100 orang masyarakat disekitar destinasi Loang Baloq, demonstrasi tehnik pembersihan toilet oleh dosen dan mahasiswa,” ujarnya.

Farid juga menambahkan bahwa akan ada pelepasan perwakilan mahasiswa Poltekpar Negeri Lombok yang berangkat ke Singapura dalam rangka kerjasama dengan Republic Polytechnik Singapore.

Peran Aktif Poltekpar

“Inilah kerja nyata dan sumbangsih Poltekpar Negeri Lombok dalam ikut berperan aktif untuk membangun pariwisata di Provinsi NTB secara umum,” pungkas Farid.

Pada kegiatan bakti wisata ini, Poltekpar Negeri Lombok, bidang studi divisi kamar juga memberikan bantuan alat-alat kebersihan dan chemical untuk membersihkan toilet, karena kebersihan toilet sangat penting di destinasi wisata, masalah kebersihan toilet ini bahkan sempat menjadi perhatian dan koreksi dari Menpar Arief Yahya.

Kegiatan serupa ini juga telah dilakukan Poltekpar Negeri Lombok divisi tata hidang, di Destinasi Wisata Bulan Madu Terbaik Dunia, Sembalun, Lombok Timur, beberapa waktu lalu. Giliran selanjutnya divisi kuliner akan melaksanakan kegiatan yang sama di Lombok Tengah. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com