Mataram, LombokInsider.com – Pemerintah Kota Mataram memberikan bantuan pada sekitar 10 ribu masyarakat kurang mampu penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) se-Kota Mataram. Acara sosial dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) PKH Kota Mataram ke-5 ini, dikemas dalam acara jalan sehat, yang sebelumnya dirangkai dengan acara donor darah dan kegiatan sosial lainnya.

“Selama ini acara yang digelar untuk masyarakat menengah ke atas, kali ini kami menggelar acara sosial untuk masyarakat menengah kebawah. Acara ini untuk membuat mereka bahagia,” kata Walikota Mataram yang diwakili Kepala Dinas Sosial Kota Mataram, H.L.Indra Bangsawan, SH., saat membuka Acara Ayo Berbagi, Peduli Bersama 2017, di Taman Sangkareang, Kota Mataram, Minggu (29/10).

Indra mengungkapkan, masyarakat kurang mampu peserta PKH di Kota telah menerima berbagai bantuan, seperti bantuan dana sebesar Rp1,9 juta per orang per tahun yang dibayarkan 4 tahap. Bantuan itu diterima langsung ke buku tabungan dan bisa diambil melalui gerai ATM BRI. Jumlah penerima dana tersebut sebanyak 1.200 orang.

Selain itu, peserta PKH juga telah dibuatkan elektronik warung (e-warung) di setiap kelurahan se-kota Mataram. Sebanyak 27 e-warung telah terbangun dan telah diberikan bantuan Rp 30 juta per e-warung. “Tidak semua masyarakat kurang mampu yang menjadi peserta PKH. Ada kriteria dan kategorinya, seperti memiliki anak sekolah dari SD hingga SMA sederajat, ibu hamil dan anak pra sekolah. Bantuan ini untuk biaya pendidikan dan kesehatan,” jelas Indra.

Ketua Panitia HUT PKH Kota Mataram, Fahrurrozi, S.Sos., menjelaskan, acara sosial ini melibatkan dinas/instansi, perusahaan negeri/swasta dan masyarakat umum untuk ikut berbagi bersama kepada masyarakat kurang mampu dengan memberikan donasi. “Donasi ada yg berbentuk baju layak pakai, buku bacaan, barang-barang, dan uang cash. Jadi kami mengetuk semua pihak untuk ikut berbagi kepada masyarakat kurang mampu,” tuturnya.

Rangkaian Ayo Berbagi, Peduli Bersama 2017 ini, yakni jalan sehat, senam bersama, cek kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan, perpustakaan gratis dari Dinas Perpustakaan dan Arsip, pasar rakyat dari Dinas Perdagangan dan Koperasi, edukasi safety riding dari Polres Mataram, edukasi internet sehat dari Telkom dan hiburan rakyat Pelita Harapan.

“Panitia memberi apresiasi bagi semua pihak yang telah mendukung, seperti BRI, Bank NTB, BI, Cakar Mas, Ruby, Yamaha, Digiprint dan media cetak maupun elektronik. Selain itu, Lombok Event dan double R yang mau menggelar acara ini secara gratis,” tutupnya. (LI/SP/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com