Mataram, LombokInsider.com – Diguncang gempa bumi di atas 5 SR secara beruntun membuat Pulau Lombok yang terkenal dengan julukan pulau Seribu Masjid mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan cukup parah tersebut terjadi di semua wilayah bagian Utara di Kabupaten Lombok Timur, Tengah, Utara dan Barat. Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Nusa Tenggara Barat (BPBD-NTB), hingga 17 Agustus 2018, korban meninggal dunia mencapai 481 jiwa, luka-luka 1.054 jiwa, pengungsi 417.529 jiwa dan fasilitas umum yang rusak 71.937 bangunan.

Hal ini membuat seluruh elemen bangsa datang untuk memberikan bantuan. Demikian juga dengan PT Mitrabara Adiperdana (MA) Tbk dan PT Baradinamika Mudasukses (BDMS) yang merupakan bagian dari Group Baramulti ikut menyalurkan bantuan kepada korban yang terdampak gempa, pada Ahad (19/8) di Lombok – NTB

Bantuan dana yang dikeluarkan MA-BDMS sebesar Rp 200 juta diterima oleh BPBD NTB dan disalurkan secara merata ke semua kabupaten berdampak dalam bentuk barang berupa Profil Tank, Terpal, Selimut, Air Mineral, Biscuit, Mie Instant, Telur, Susu Bayi, Popok, Makanan Bayi dan lain-lain.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD NTB Agung Pramuja dan perwakilan masyarakat sangat berterima kasih atas bantuan ini.

“Mewakili rekan-rekan yang bertugas dan masyarakat, kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas bantuan dari PT MA dan PT BDMS. Kami doakan agar pemilik perusahaan, direksi, manajemen, karyawan dan seluruh anggota keluarganya mendapatkan pahala dan ganjaran yang berlipat, serta perusahaannya semakin maju dan sukses,” kata Agung setelah menerima bantuan.

BANTUAN. Awaluddin, CSR ER Manager PT MA-PT BDMS mewakili perusahaan menyerahkan bantuan kepada Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD NTB, Agung Pramuja, di Lombok Barat (19/8).

Sementara Awaluddin, CSR ER Manager PT MA – PT BDMS mewakili perusahaan menjelaskan bahwa hal ini merupakan wujud kepedulian dan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tambang batubara tersebut.

Alhamdulillah, bantuan dana telah kami salurkan dan diterima langsung oleh pihak berwenang (BPBD-NTB). Selanjutnya bantuan akan disalurkan oleh BPBD-NTB ke seluruh daerah yang terdampak meliputi Lombok Timur, Barat, Tengah dan Utara,” jelas Awaluddin, disela-sela acara serahterima.

Awaluddin berharap bantuan yang diberikan oleh perusahaan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung dari bencana gempa ini.

Semoga bantuan ini bisa membantu meringankan beban berat saudara-saudara kami yang terdampak langsung oleh gempa dan rumahnya hancur. Hal ini merupakan wujud kepedulian perusahaan melalui program CSR yang kami miliki, ujarnya.

Tentang PT Mitrabara Adiperdana

PT Mitrabara Adiperdana (MA) Tbk merupakan bagian dari Group Baramulti yang didirikan pada tahun 1992. Memulai kegiatan produksi batubara sejak 2008 bersama-sama dengan anak perusahaan, PT Baradinamika Mudasukses (BDMS) dengan total lahan pertambangan seluas 2.960 hektar di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

Dengan infrastruktur yang terintegrasi dan didukung oleh pengalaman tim manajemen di industri batubara selama lebih dari 10 tahun, pada 2016 perusahaan berhasil meningkatkan kapasitas produksi batu bara hingga mencapai kurang lebih 4 juta ton pertahun, yang dipasarkan kepada konsumen di Asia Pasifik.

Spesifikasi produk batu bara Perusahaan merupakan batubara medium kalori, dengan kandungan abu yang rendah dan sulfur yang sangat rendah, sehingga lebih ramah lingkungan dan diminati oleh pasar premium, khususnya negara negara yang sangat memperdulikan kepentingan lingkungan.

Pada 2014, PT MA menjadi satu-satunya perusahaan tambang yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dan mendapatkan penghargaan dari Warta Ekonomi sebagai The Fastest Growing Issuers pada 2015 untuk sektor pertambangan batubara. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com