Mataram, LombokInsider.com –Semakin berkembang suatu daerah, maka kebutuhan akan energi juga pasti semakin meningkat. Demikian halnya dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya di bidang pariwisatanya, ini terlihat dari semakin banyak bangunan hotel yang tumbuh, khususnya di Pulau Lombok.

Ketersediaan Energi Terbatas

“Pariwisata berkembang, jumlah hotel terus bertambah, maka dipastikan kebutuhan energi listrik akan meningkat. Sayang ketersediaan listrik PLN hingga saat ini juga masih terbatas, oleh karenanya kami sangat mendukung pengembangan potensi energi terbarukan yang ada di Lombok,” jelas Susilo, Manager Perencanaan PLN NTB.

“Apa yang dilakukan oleh Equis Energy dan Sinergi serta dinas terkait dalam hal ini ESDM sangat membantu kami dalam ketersediaan pasokan energi di NTB, terutama dalam rangka mendukung kemajuan pariwisata,” lanjutnya saat melakukan pemaparan pada acara Pelatihan dan Sertifikasi sektor Energi Terbarukan di Hotel Santika Mataram, Sabtu (10/2).

Dukungan Pemerintah

Selain PLN dan ESDM, dukungan juga datang dari Pemprov NTB yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Rosyadi Sayuti dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini. “Pemprov NTB siap mendukung pengembangan teknologi semacam ini, terutama dalam sektor energi terbarukan,” katanya.

“Kami sangat mendukung pengembangan ilmu teknologi, apalagi ini menyangkut SDM dari SMK yang ada di Lombok. Tentunya hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi mereka saat lulus nanti. Khususnya dalam pengembangan teknologi sektor energi terbarukan, SDMnya masih sedikit sehingga peluang kerja terbuka lebar,” ucap Rosyadi.

Sementara pihak Sinergi bersama dengan Equis Energy sebagai pelakasana acara sekaligus pemain langsung dalam pengembangan teknologi energi terbarukan ini merasa sangat terbantu dengan dukungan dari pihak pemerintah, baik itu Pemprov, ESDM dan juga PLN.

Di Lombok sendiri potensi energi terbarukan ada tiga, yakni Mini Hydro, Solar Cell dan Angin, namun yang paling banyak dikembangkan adalah Mini Hydro dan Solar Cell.

Tentang Equis Energy

Equis Energy beroperasi dari 15 kantor di Asia, mempekerjakan lebih dari 300 tenaga profesional, termasuk 100 insinyur dan 38 profesional di bidang pembangunan lokal. Equis adalah perusahaan listrik swasta energi terbarukan terbesar di kawasan Asia Pasifik

Dengan 180 asetyang terdiri dari 11.135MW di Australia, Jepang, India, Indonesia, Philipina, Taiwan dan Thailand. Saat ini Equis membangun 4 lokasi solar di Indonesia, yang akan menghasilkan energi sebesar 68.686 MWh per tahun dan setiap tahunnya menyediakan pasokan listrik untuk 51.000 rumah tangga dan menghemat 55.000 ton CO2, serta 64 juta liter air.

Tentang Sinergi

Sinergi memimpin pengembangan sistem pelatihan dan sertifikasi berkelanjutan untuk pasar tenaga kerja energi terbarukan di Indonesia. Selama dua tahun terakhir, Sinergi telah mengembangkan dan mengelola proyek senilai 3,6 juta USD yang telah menghasilkan standar kompetensi nasional untuk para profesional bidang teknologi terbarukan, serta mendukung 12 sekolah kejuruan di Lombok untuk menerapkan kurikulum energi terbarukan dan memasang peralatan pelatihan. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com