Ombak Besar Rusak Sarana Wisata 2

Dua Gempa Juga Terjadi Hari Ini

Mataram, LombokInsider.com – Ombak besar yang terjadi di perairan selatan Kabupaten Sumbawa Barat telah mengakibatkan rusaknya sarana pariwisata di Pantai Maluk. Obak yang besar tidak saja menghancurkan struktur penahan gelombang, namun juga merobohkan beruga-beruga di sepanjang pantai.

“Ombak besar telah menghancurkan bangunan-bangunan yang ada di pinggir pantai Maluk termasuk beberapa beruga,” kata Amirrudin Arifin, warga Maluk yang juga wartawan Koran Buser Bhayangkara 74, Kamis (9/4).

Sementara itu Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST melalui akun Facebook melaporkan bahwa masyarakat Dusun Senutuk, Desa Aik Kangkung, Kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat siang tadi mendapat musibah bencana alam. “Tim Gerak Cepat BPBD KSB telah memberikan bantuan pertama. Kami prihatin akan musibah ini dan kami mari kita berdoa agar masyarakat yang mendapat musibah dapat sabar dan tabah,” kata Fud Syaifuddin.

Sementara itu Tholib Abdullah, melaporkan bahwa BPBD telah mendirikan posko siaga bencana untuk mengantisipasi kejadian tersebut.

Ombak besar juga dilaporkan naik dan masuk ke halaman hotel Tropical Beach di

Sarana wisata di Pantai Maluk terlihat rusak usai diterjang ombak besar.

Sarana wisata di Pantai Maluk terlihat rusak usai diterjang ombak besar. Foto: Amiruddin Arifin.

Sekongkang, Sumbawa Barat. Dalam sebuah foto yang beredar, tampak ombak besar menggulung di halaman hotel Tropical Beac

h di Sekongkang sementara beberapa orang berlarian menghindar. LombokInsider.com tidak bisa memverifikasi kebenaran berita dan foto tersebut.

Dua Gempa Bumi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa hari ini (9/6) telah terjadi dua kali gempa. Gempa pertama terjadi pada pukul 11:13:16 WIB dengan magnitudo 6,2 Skala Richter di 286 km Barat Daya Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Penulis merasakan kuat gempa ini saat penulis sedang berada di Mataram saat gempa ini terjadi.

Gempa kedua yang lebih kecil dan lebih jauh terjadi pada pukul 14:23:46 WIB dengan magnitude 5,1 Skala Richter di 108 km Barat Daya Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 10 km.  Tidak ada peringatan tsunami dari kedua gempa ini.

Senutuk

Pemkab Sumbawa Barat telah mengirimkan bantuan untuk korban musibah gelombang laut di Senutuk.

Sementara itu prakiraan tinggi gelombang yang dikeluarkan oleh BMKG menunjukkan bahwa gelombang dengan tinggi 4,0 – 6, 0 m (Very Rough) diperkirakan terjadi di perairan selatan Jawa, Samudera Hindia selatan Jawa hingga Lombok. (LI/KM)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono