Media center MTQN 2016

Mataram, LombokInsider.com – Target sukses penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an tampaknya mulai terlihat dengan banyaknya inovasi dan rintisan yang dimunculkan dalam even nasional di Lombok ini. Setelah sukses mengukir tiga rekor MURI, kini panitia MTQN Lombok juga sukses menjadi pelopor dengan menyediakan media center di arena MTQN yang tidak pernah ada dalam MTQN sebelumnya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemprov NTB Wirajaya Kusuma mengatakan bahwa keberadaan MC dimotori bersama antara Kemenag, Kominfo, dan Pemprov. Menurutnya, MTQN XXVI ini akan mengoptimalkan perangkat teknologi digital untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi.

NYAMAN. Ruangan nyaman dengan sarana lengkap di Media Center MTQN Lombok.

NYAMAN. Ruangan nyaman dengan sarana lengkap di Media Center MTQN Lombok.

Lokasi MC MTQN ini berada di Gedung Pendidikan Gedung Islamic Center (IC) Mataram.”Seluruh info terkait dengan penyelenggaraan musabaqah dapat diperoleh di MC, seperti jadwal agenda, buku panduan, dan video-streaming dari seluruh venue,” terangnya usai rapat koordinasi di ruang MC MTQN, Mataram, Jumat (29/07). Hadir dalam kesempatan ini, perwakilan dari Kemenag Pusat, Humas Kanwil Kemenag NTB, Perwakilan Kominfo, Humas Pemprov NTB, serta Dinas Infokom NTB.

Sebelumnya, gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional XXVI di Mataram, NTB telah mencetak tiga rekor MURI yaitu: Semaan Al Quran 1000 hafizh, Selakaran dan Gema Barzhanji, serta menyanyikan lagu Mars MTQ dengan peserta terbanyak.

Selama gelaran MTQN, MC akan beroperasi setiap hari dari jam 08.00 – 20.00 WITA. Untuk memberikan kenyamanan kepada para pewarta, ruang MC sudah disiapkan sedemikian rupa, dilengkapi dengan perangkat komputer, 16 PC dan 2 Laptop, yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Selain itu, ada juga telepon, faximile, dan mesin foto copy.”Selama MTQ, kami menjadwalkan untuk mengadakan beberapa kali Konpers yang akan menghadirkan para pejabat terkait,” jelas Wira.

“Kami juga akan menggelar talkshow dengan menghadirkan para qari/qariah/peserta musabaqah yang memiliki kekhususan, seperi hafizhul quran dari tuna netra, kaligrafi kontemporer, dan lainnya,” tambahnya.

MTQN XXVI di Mataram dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada Sabtu (30/07) malam di Islamic Center NTB yang menjadi venue utama gelaran akbar ini. Sebelumnya, Menteri Agama akan melantik dewan hakim MTQ di Kantor Gubernur NTB. (LI/SP)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono