Mataram, LombokInsider.com – Memperingati 60 kerjasama yang telah terjalin antara pemerintah Indonesia dan Jepang, maka pada Minggu (4/3) digelar acara Japan Culture Festival, bertempat di Taman Budaya NTB. Acara yang diinisiasi oleh NTB Japan Club ini berlangsung meriah dan diikuti oleh ratusan peserta dari kalangan pelajar dan para alumni Jepang diantaranya para TKI, pertukaran pelajar-mahasiswa, magang kerja dan lain-lain.

Festival Budaya Jepang

Kaori UCHIDA, mengucapkan terima kasih atas segala dukungan terhadap acara ini. “Sangat banyak komunitas-komunitas yang suka Jepang di NTB. Acara ini merupakan kerjasama seluruh pihak dalam merayakan 60 tahun kerjasama Jepang-Indonesia,” kata Kaori, Ketua NTB Japan Club.

“Acara ini terdiri dari berbagai kegiatan, diantaranya, workshop budaya Jepang, fashion show, lomba nyanyi, performance tarian Jepang, talk & song show, diikuti oleh siswa-siswi sekolah, berbagai komuniti yang ada di NTB,” ungkapnya.

Sementara Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Bali, Hirohisa CHIBA, mengatakan sangat senang dan bangga dengan adanya acara ini. “Kami ucapkan selamat atas pelaksanaan acara ini, terima kasih dan hormat kepada panitia dan tamu undangan yang hadir,” ujarnya.

Kerjasama Jepang-Indonesia

“Tahun ini genap 60 tahun kerjasama hubungan diplomatic antara Jepang dan Indonesia, terkait momentum yang sangat baik ini, kedua pihak pemerintah telah sepakat untuk mendukung dan mendorong kegiatan-kegiatan di berbagai bidang,” lanjut Hirohisa.

“Semuanya untuk meningkatkan hubungan yang erat dan kerjasama kedua belah pihak, baik di Jepang maupun di Indonesia dimasa depan. Saya sangat gembira dengan prakarsa NTB Japan Club, acara Festival Budaya Jepang atau Nippon Bunka Matsuri dapat terlaksana dengan baik,” tegasnya.

Menurut Hirohisa, Indonesia merupakan negara sahabat sejak lama dan mitra strategis penting bagi Jepang. Hubungan persahabatan dan kerja sama di antara kedua bangsa kita telah terjalin erat dan semakin berkembang. Kunjungan warga antar kedua negara pun berlangsung sangat aktif, hingga 2017 yang lalu. Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar memiliki wilayah kerja yang meliputi tiga propinsi, yaitu Propinsi Bali, NTB dan NTT.

“Sebagai Konsul Jenderal Jepang di Denpasar, saya akan berupaya sekuat tenaga untuk mempererat hubungan persahabatan dan kerja sama antara Jepang dengan ketiga provinsi tersebut pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Kami berusaha untuk mewujudkan tujuan tersebut melalui peningkatan berbagai pelayanan konsuler, penyediaan informasi yang berguna tentang Jepang, promosi berbagai program pertukaran dan kegiatan budaya serta lainnya,” pungkas Hirohisa.

Sementara, Sekda NTB, Rosyadi Sayuti pada sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi acara ini. “Kami sangat mendukung semangat kebersamaan ini yang tentunya untuk meningkatkan hubungan baik antar dua negara dengan semangat perdamaian,” katanya.

“Terima kasih juga atas semua bantuan pihak Jepang baik berupa pemberian beasiswa, pertukaran pelajar. Selain itu acara ini juga dapat lebih mengenalkan budaya masing-masing negara kepada generasi penerus kita,” pungkas Sekda.

Selain Sekda NTB, hadir dalam acara Festival Budaya Jepang tersebut, Danlanud, Danlanal, Polda NTB atau yang mewakili, serta Bali Japan Club. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com