Menpar menyerahkan hadiah pemenang lomba foto dll

Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Promosi Pariwisata Flores

 

Jakarta, LombokInsider.com – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba penulisan, foto, video, dan blog  tentang pariwisata Flores, NTT  di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kempar), Senin (27/6).

Kegiatan lomba penulisan, foto, video, dan blog tentang pariwisata Flores yang berlangsung pada 21 Maret hingga 31 Mei 2016 dalam rangka mendukung kegiatan Tour de Flores 2016 tersebut diikuti sebanyak 587 karya.

Menpar Arief Yahya menyambut baik dilakukan lomba penulisan, foto, video, dan blog  tentang pariwisata Flores sebagai upaya mempromosikan Flores sebagai salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Indonesia serta mendorong meningkatnya kunjungan wisatawan ke NTT sekaligus mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dalam mewujudkan target tahun ini 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Menpar Arief Yahya mengatakan, pemerintah telah menetapkan pembangunan 10 destinasi prioritas yang akan menjadi “10 Bali Baru” di antaranya Labuhan Bajo, NTT. “Melalui penyelengaraan

Menpar berpose dengan para pemenang.

Menpar berpose dengan para pemenang.

even balap sepeda Tour de Flores 2016 yang diikuti dengan lomba penulisan, foto, video, dan blog potensi pariwisata NTT dapat  terpromosikan secara maksimal,” kata Arief Yahya seraya mengatakan, promosi yang baik membawa dampak terhadap percepatan dalam mewujudkan Labuhan Bajo sebagai “Bali Baru” yang akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTT.

Gate of World Ecotourism

Provinsi NTT memiliki potensi pariwisata berupa alam (nature), budaya (culture), dan buatan manusia (manmade) di antaranya Air Terjun Oehala, Taman Nasional Komodo dan Danau Kalimutu yang merupakan daya tarik wisata alam kelas dunia.

Gubernur Frans Lebu Raya  mengatakan, dengan ditetapkan Labuan Bajo menjadi destinasi prioritas sebagai “Bali Baru” akan memicu peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) ke NTT.  “Bila tahun 2015  jumlah kunjungan wisman ke NTT sebanyak  51.830 orang, tahun 2019 diproyeksikan  akan meningkat   menjadi 500 ribu wisman dengan perolehan devisa mencapai US$ 500 juta,” kata Frans Lebu Raya.

Frans Lebu Raya mengatakan, Labuhan Bajo dikembangkan sebagai Gate of World Ecotourism in NTT serta sebagai  pendukung  Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)  Taman Nasional  Komodo dan  menjadi pusat industri pariwisata NTT dan sekitarnya.  “Untu

Balap sepeda Tour de Flores

Balap sepeda Tour de Flores

k ini promosi harus digencarkan  di antaranya kita mulai  dengan even sport tourism Tour de Flores dan lomba  tulisan, foto, video dan blog,” kata Frans Lebu Raya.

Lomba penulisan, foto, video, dan blog  tentang pariwisata Flores yang memperebutkan hadiah total sebesar Rp 250 juta dan diperuntukkan bagi wartawan, professional dan umum tersebut diikuti sebanyak 587 karya kemudian diseleksi oleh tim teknis tinggal 95 karya terbaik untuk  kategori; tulisan, foto profesional, foto umum, video, dan blog.

Dari 95 karya terbaik tersebut kemudian oleh tim juri yang terdiri dari tokoh dan praktisi pers, pejabat Kemenpar, fotografer, blogger, akademisi, dan chairman TDF serta tim khusus (kelompok kerja) akhirnya dipilih dan ditetapkan 1 sebagai juara umum, 3 karya terbaik sebagai pemenang dan 1 karya terfavorit dari masing-masing kategori.  Para pemenang sebagai juara umum, karya terbaik, dan karya terfavorit dari masing-masing kategori ini mendapat hadiah berupa uang dan piagam penghargaan dari Menpar. (LI/SP)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono