Wabup Sumbawa membuka job fair.

Sumbawa Besar, LombokInsider.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa berharap dengan pelaksanaan bursa kerja atau job fair akan membuka informasi kerja kepada masyarakat dan memberikan efisiensi waktu dan kemudahan bagi perusahaan untuk mencari karyawan.

“Ini even yang pertama kalinya digelar di Kabupaten Sumbawa. Tentu ini menjadi kesempatan yang baik sekali bagi masyarakat para pencari kerja. Even ini juga bermanfaat bagi pemerintah dan perusahaan,” kata Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah saat membuka job fair, Rabu (10/8/2016) di Sumbawa Besar yang dihadiri beberapa pimpinan SKPD, Pimpinan BUMN dan BUMD, swasta.

‘’Mungkin sebagian dari kita belum begitu paham apa itu job fair.  Job fair atau career expo atau sering juga disebut bursa kerja adalah sebuah acara atau even yang diselenggarakan khusus ditujukan untuk para pencari kerja,’’ kata Haji Mo sapaan akrab Wabup Sumbawa.

Menurut Wabup, dalam job fair biasanya telah terpasang daftar perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, sehingga akan memberikan banyak manfaat baik bagi pelamar, perusahaan, maupun bagi pemerintah. Bagi para pencari kerja, even ini merupakan tempat untuk menemukan berbagai peluang kerja yang potensial di mana mereka dapat memasukkan lamaran langsung ke bagian rekruitmen dari masing-masing perusahaan. Kemudian informasi posisi pekerjaan yang dibutuhkan pun lebih akurat dan juga terdapat cukup banyak pilihan jenis posisi pekerjaan. Manfaat bagi perusahaan di antaranya, mereka dapat menemukan banyak kandidat atau calon karyawan diperusahaan mereka. Sedangkan bagi pemerintah, kegiatan tersebut tentu akan mengurangi tingkat pengangguran.

KEWIRAUSAHAAN. Pelatihan kewirausahaan untuk membuka lapangan kerja.

KEWIRAUSAHAAN. Pelatihan kewirausahaan untuk membuka lapangan kerja.

‘’Saya berharap agar even Sumbawa Job Fair 2016 ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat kita yang masih mencari kerja. Di samping itu kepada Dinas Nakertrans Kabupaten Sumbawa agar even ini dapat dijadikan agenda tahunan karena banyak memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Kepada perusahaan yang ada di Kabupaten Sumbawa, saya juga berharap semakin banyak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini,’’ ungkapnya

Pengangguran Masih Tinggi

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transimgrasi Kabupaten Sumbawa, Tri Karyati, S.Sos mengatakan sampai saat ini pengangguran di Sumbawa masih cukup tinggi sehingga  perlu kerja sama semua pihak dalam menekan angka pengangguran tersebut. Kepedulian dan kerjasama yang baik antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat akan menciptakan iklim investasi yang kondusif dan menguntungkan semua pihak.

Tri Karyati meyakini bahwa even ini akan memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam melakukan rekrutmen karyawan baru. Melalui kegiatan tersebut, biaya rekrutmen bisa dihemat, sementara pilihan calon karyawan lebih beragam dan langsung dapat diwawancarai di tempat sehingga lebih fesien dan efektif.

“Prinsip kegiatan pameran bursa kerja adalah mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan dalam suatu kegiatan rekruitmen calon karyawan,” terangnya seraya memperjelas bahwa Pameran Bursa Kerja merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat dengan sasaran masyarakat pencari kerja.

Kegiatan Job Fair ini pertama kali dilaksanakan di Sumbawa dan  pesertanya masih sangat minim yang terdiri dari Alfamart, Indomart, Tugu Mas, Krida, Toyota serta PPTKIS melalui APJATI. ‘’Harapan kami akan terus ditingkatkan kepesertaannya dengan melibatkan BUMN, BUMD dan perusahaan swasta,” ujarnya.

Pewarta: Lukmanul Hakim

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono