Mataram, LombokInsider.com – Kebakaran hebat melanda komplek ruko di jalan Selaparang, Kelurahan Mayura, Kecamatan Cakranegara Mataram, Rabu dini hari 2 Januari 2019. Arus pendek yang menjadi pemicunya, membakar sembilan ruko yang berada di kawasan ini.

Ledakan hebat disertai letusan petasan dan kembang api warna-warni terdengar hingga beberapa kilometer dari lokasi kebakaran karena memang ruko yang terbakar merupakan toko yang menjual mainan anak anak, petasan dan kembang api.

“Kaget saya kira ada apa, tengah malam kok ada suara petasan tetapi ini ledakannya bersahutan, lewat media sosial baru tahu ada toko yang terbakar yang menjual kembang api, pantesan ledakannya tidak berhenti,” ujar seorang warga yang tinggal beberapa kilometer dari tempat kejadian.

Besarnya api kemudian merembet ke toko sebelahnya hingga melalap delapan ruko yang berada di sebelah toko mainan yang terbakar tersebut. Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Mataram yang mendapat laporan terjadinya kebakaran langsung menerjunkan empat unit mobil Damkar untuk menjinakkan api. Namun besarnya api membuat petugas kewalahan.

Kabag Ops Polres Mataram Kompol Taufik menyatakan Polres Mataram telah berkordinasi dengan Laboratorium dan Forensik Denpasar untuk melakukan olah TKP serta penyelidikan penyebab kebakaran lebih detail.

“Kami sudah berkordinasi dengan labfor untuk melakukan penyelidikan dan olah tkp lebih lanjut untuk mengetahui pasti penyebab kebakaran ini, kemungkinan besok baru akan datang,” ujarnya di lokasi kebakaran, Rabu pagi (2/1)

Akibat kebakaran ini di taksir total kerugian materi mencapai 8 milyar rupiah. Sementara belum ada laporan adanya korban jiwa akibat kebakaran hebat tersebut.

Damkar Lombok Barat dan Lombok Tengah serta Water Cannon milik Polda NTB serta Polres Mataram juga di terjunkan untuk menjinakkan api. (LI)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com