amy-duta-wisata-halal-lombok-2016

Gadis Sarat Prestasi yang Bercita-cita Membangun Klinik di Daerah Terpencil

Mataram, Lombokinsider.com – Tidak seperti hari-hari sebelumnya, dapat dipastikan kedepannya tugas seorang Amy Shientiarizki, S.Ked akan semakin berat. Dokter muda lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram ini selain sibuk “koas” di Rumah Sakit Umum Provinsi, kini juga memiliki tugas baru yang prestisius dan menantang Duta Wisata Halal Lombok Sumbawa setelah dia menjadi Juara Pertama  Wajah Syar’i pekan lalu.

“Saya akan berusaha sebaik mungkin membagi waktu sebagai dokter muda dan sebagai duta Wajah Syar’i,” kata kelahiran Praya, Lombok Tengah, 1993 ini.

Sebagai juara Amy diharapkan dapat membantu Yayasan Wajah Syar’i Indonesia untuk melanjutkan misi dakwah berjilbab syar’i di tengah-tengah masyarakat. “Selanjutnya kami tujuh pemenang pada grand final akan menjadi Duta Wajah Syar’i berikutnya yang akan diadakan di Jawa Timur dan kemudian Jakarta,” kata Amy.

Dalam lomba ini, Amy mengaku persiapannya sangat singkat karena hanya ada waktu satu minggu antara seleksi awal dan grand final. “Alhamdulillah saya sama sekali tidak menyangka bisa menang karena persiapan sangat singkat. Saya hanya membaca buku panduan memakai jilbab syar’i, membaca artikel mengenai Lombok sebagai destinasi halal dan bulan madu halal,” jelas Amy, sulung dari dua bersaudari dari pasangan H. Zainuddin Abdullah dan Bq. Mardiyanti ini.

Kemampuan menghafal Al Qur’an merupakan salah satu unsur penting penilaian lomba ini. Amy mengaku beruntung karena telah belajar mengaji sejak kecil dengan bimbingan ayahnya yang imam masjid di tempat tinggalnya.

“Setiap habis sholat magrib selalu ngaji sama bapak. Kalau salah ya dimarahi. Bapak sangat keras mendidik agama, karena beliau berharap kami berdua menjadi generasi Islam yang kuat, walaupun kami berdua perempuan,” jelas Amy.

Sarat Prestasi

Menjadi Juara Pertama Wajah Syar’i ternyata bukanlah gelar bergensi pertama yang diraih Amy. Telah banyak prestasi yang diraih lulusan SMA Praya 2011 ini. Saat kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Amy, telah beberapa meraih prestasi seperti Juara II Lomba Penyuluhan RSJ 2012, Juara I Lomba KTI Stikes Yarsi 2013, Juara II Lomba Penyuluhan Stikes Yarsi 2013.

Amy juga meraih prestasi sebagai Mahasiswa Berdedikasi Fakultas Kedokteran Unram 2014, Duta Bahasa NTB 2014, serta Juara Harapan II Duta Bahasa Tk. Nasional 2014.

Bangga akan Lombok

Amy sangat bangga melihat perkembangan pariwisata Lombok apalagi saat Lombok meraih gelar sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia.

“Gelar destinasi halal terbaik ini di satu sisi sangat membanggakan, namun di sisi lainnya ini juga menjadi tantangan kita semua karena kebersihan lingkungan masih perlu dibenahi,” kata Amy yang hobi membaca, menulis, menjadi MC dan kuliner ini.

Cita-cita Mulia

Menjadi dokter merupakan impian Amy sejak kecil. “Alhamdulillah cita-cita saya sejak kecil untuk menjadi seoang dokter sudah terwujud,” kata Amy lirih.

Namun, Amy mengaku masih memiliki satu lagi keinginan yang ingin ia wujudkan. “Ini merupakan kelanjutan dari profesi sebagai dokter. Saya ingin memilki klinik kecil di desa terpencil sehingga saya dapat banyak menolong masyarakat, terutama yang kurang mampu. Juga sebuah perpustakaan untuk masyarakat,” kata Amy.

Sedangkan target penting lainnya yang ingin dicapainya adalah target hidup. “Saya ingin menyelesaikan tugas dokter muda pada Januari 2017 dengan baik, dan setelah itu menikah pada usia 24 – 25 tahun,” pungkasnya. (LI/AA)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono