Mataram, LombokInsider.com – Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin melepas kelompok terbang (kloter) pertama Jamaah Calon Haji Embarkasi Lombok, Tahun 1437H/2016 di Asrama Haji NTB, Mataram, pada Senin malam (22/8). Hadir pada kesempatan tersebut, ketua Wakil ketua DPD RI Farouk Muhammad, Anggota Komisi 8 DPR RI Muhammad Lutfi, dan FKPD Provinsi NTB seperti Ketua DPRD NTB Hj. Baiq Isfi Rupaeda dan Kapolda NTB Brigjen. Pol Umar Septono serta tokoh agama NTB lainnya.

Sabar dan ikhlas

Pada sambutannya Wakil Gubernur NTB H. Muh Amin, menghimbau kepada seluruh jamaah haji NTB untuk menjaga perilaku dan sopan santun menjaga nama baik Jamaah calon haji Indonesia khususnya NTB ketika nantinya di tanah suci bertemu dengan seluruh bangsa di Dunia. “Bangsa kita terkenal dengan sopan dan santun serta sangat menjaga perilaku, namun demikian dengan kondisi di Mekkah nantinya akan bergaul dengan seluruh bangsa di dunia yang memiliki budaya berbeda, oleh karena itu Jamaah Calon Haji kita harapkan untuk lebih sabar, ihlas dan tulus serta menjaga aturan disana,” jelas Wagub.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama NTB H. Sulaiman Hamid melaporkan bahwa jumlah jamaah calon haji Embarkasi Lombok pada 2016 sebanyak 3596 yang terdiri dari 3572 orang jamaah haji dan 24 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). “Jamaah Calon Haji Embarkasi Lombok (LOP) akan diterbangkan dengan menggunakan maskapai penerbangan Garuda jenis Airbus 330 dengan kapasitas 360 tempat duduk,” ungkap Sulaiman.

Kloter I. Sebanyak 355 Jemaah Calon Haji asal Loteng, di Asrama Haji kemarin (22/8).

Kloter I. Sebanyak 355 Jemaah Calon Haji asal Loteng, siap Berangkat, di Asrama Haji (22/8).

Pelayanan paripurna

Sulaiman juga menekankan pada para petugas untuk tetap professional melayani para jamaah calon haji NTB khususnya agar mereka dapat khusyuk beribadah. “Para petugas saya ingatkan untuk melaksanakan tugas dengan penuh kesabaran dan tanggung jawab. Dengan standar pelayanan yang ada dan peralatan medis yang memadai sehingga melancarkan para jamaah beribadah,” pungkasnya.

Setelah memberikan sambutan, Wagub menyerahkan Pataka bendera Lambang Daerah NTB kepada TPHD sebagai tanda pelepasan Jamaah Calon Haji Embarkasi Lombok. Pemberangkatan Kloter pertama ini adalah Jamaah Calon Haji dari Kabupaten Lombok Tengah yang terdiri dari 355 jemaah dan 5 petugas kloter. Para jamaah masuk asrama haji pada (22/ 8) 2016 dan berangkat ke tanah suci keesokan paginya (23/8). (LI/SP)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com