Mataram, LombokInsider.com – Kapal KMP Kalebi rute Pelabuhan Kayangan-Pelabuhan Poto Tano milik Jembatan Nusantara dilaporkan kandas di dekat Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Kamis (3/1) sekitar pukul 13.00 WITA.

“KMP Kalebi ini milik PT Jembatan Nusantara, kandas di dekat Pelabuhan Kayangan,” kata Kepala ASDP Pelabuhan Kayangan Cuk Prayitno, Kamis (3/1).

Prayitno menjelaskan, tindakan penanganan sedang dilakukan ASDP, Syahbandar, SAR, Polsek, perwakilan Dishub di lokasi. Dia mengatakan, proses penanganan ratusan penumpang dilakukan dalam kondisi cuaca hujan lebat.

“Kami bersama dengan Syahbandar, SAR, Polsek, perwakilan Dishub sedang mengupayakan tindakan penanganannya, baik terhadap penumpangnya dan kapalnya, mudah-mudahan Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran sehingga prosesnya segera teratasi,” jelasnya.

Menurutnya, jumlah penumpang dan kendaraan di dalam KMP Kalebi, yaitu truck mini 3 unit, kendaraan kecil 6 unit, truk sedang 4 unit, bus sedang 1 unit, bus besar 2 unit, truck besar 1 unit, sepeda motor 32 unit, dan 26 orang penumpang pejalan kaki.

Prayitno menyebutkan, evakuasi dilakukan agar penumpang tidak terlalu lama menunggu di atas kapal, sementara kapal berusaha ditarik dari tumpukan pasir tempatnya kandas. Ia menampaikan tidak ada kebocoran apapun pada kapal.

Kapal yang akan berangkat menuju pelabuhan Poto Tano tersebut mengambil jalur putar yang terlalu lebar untuk menghindari kapal lain yang akan berlabuh di Pelabuhan Kayangan, sehingga kandas.

Tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan ini, walaupun sempat terjadi kendala pada proses evakuasi karena tali yang digunakan putus, selain kendala hujan lebat dan air laut yang pasang. (LI)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com