Velogirls Lombok

Ride More, Give More

Bersepeda, Beramal. Velogirls dalam salah satu kegiatan amalnya.

Bersepeda, Beramal. Velogirls dalam salah satu kegiatan amalnya.

Mataram, LombokInsider.com – Semuanya bermula pada 2011 saat tiga wanita penghobi sepeda yakni Widi Bruno, Tenne dan Mitus mulai mengajak para wanita lain untuk mulai bersepeda sehat dan sekaligus bisa berkumpul melakukan kegiatan sosial bersama-sama.

“Grup terbentuk dan kami menamainya Velo Girls Lombok. Banyak yang bergabung dan banyak yang keluar. Yang mencintai visi misi Velo yaitu Ride More, Give More pasti akan tetap bertahan,” kata Widi Bruno.

Dari awalnya hanya beranggotakan tiga wanita pesepeda ini, Velo Girls Lombok, semakin hari semakin menarik anggota baru.

“Sekarang anggota sudah mencapai 65 pesepeda aktif yang tersebar di Lombok, Bali, Makassar, Yogjakarta,  dan Jakarta,” tambah Widi.

Para pesepeda wanita ini berasal dari pelbagai profesi, namun rata-rata adalah ibu rumah tangga, wanita pekerja ataupun mahasiswi.

Markas atau sekretariat Velogirls saat ini di 3C Cafe Lombok di Jalan Pendidikan 18 Mataram. Sedangk

Sehat dan senang. Rutin gowes setiap minggu.

Sehat dan senang. Rutin gowes setiap minggu.

an pengurusnya adalah Mitus/Tenne (Lombok), Widi Bruno/Rosita (Bali), Ria/Ola (Jakarta), Woro (Yogjakarta), dan Darna (Sulawesi).

Bakti Sosial

Meski suka bersepeda, kegiatan Velogirls Indonesia tidak melulu bersepeda. Mereka juga rajin melakukan kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat.

“Kami sering melakukan bakti sosial, berbagi dengan sesama yang kurang beruntung di Kota Mataram maupun di daerah-daerah pelosok,” jelas Widi.

Selama Ramadhan ini Velogirls Lombok bahkan mengadakan bakti sosial di Mataram. Para anggota mengumpulkan bingkisan untuk masyarakat di tempat tujuan gowes.

Pengalaman Menarik

Hampir semua trek di Lombok dan Sumbawa sudah dijelajahi oleh pesepeda Velogirls. Mereka bahkan sudah mengikuti ajang-ajang bersepeda di luar Lombok.

“Beberapa anggota sudah mengikuti trek MTB di Bromo, Srikandi 3, 4 dan 5, mengelilingi Bali dalam even Audax, juga ikut Bromo 100 km dan lainnya,” jelas Widi.

Berbagi. Velogirls berbagi bikisan Ramadhan kepada masyarakat yang kurang beruntung.

Berbagi. Velogirls berbagi bikisan Ramadhan kepada masyarakat yang kurang beruntung.

Menjelajahi beragam trek jalan dan gunung, memberikan pengalaman yang menarik. Namun bagi Velogirls ada aturan khusus yang membuat gowes bersama menjadi lebih menarik. Aturan itu berbunyi Pemula adalah Raja (mungkin Ratu lebih tepat, red).

“Setiap gowes dengan pemula adalah momen yang paling mengesankan. Selalu ada kejadian-kejadian yang baru dan pengalaman-pengalaman baru. Ini yang kadang membuat hati terharu melihat betapa semangat para pemula itu,” kata Widi.

Bergabung dan bersepeda dalam kelompok Velo Girls juga memberikan manfaat lain bagi para anggotanya. “Yang jelas dengan gowes kita akan semakin sehat. Selain itu dalam gowes kita melewati trek-trek yang menarik dengan alam yang indah. Tentu saja itu akan membuat kita bahagia,” kata Mitus, Velo Girls Lombok. (LI/KM)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono