Mataram, LombokInsider.com – Setelah sebelumnya TNI-AU memberikan hibah pesawat jenis AS-202 Bravo yang dijadikan monumen bekerjasama dengan Pemkot Mataram dan Pemkab KSB beberapa waktu lalu. Kini giliran TNI-AL yang memberikan hibah berupa monumen Tank PT/76, rencananya monumen ini akan di bangun di Taman Malomba, Kota Mataram dan Gerung, Lombok Barat.

Hal ini dijelaskan Wakil Koordinator Bidang engineering nation civic program (Encap), Perwira Asisten Perencanaan dan Anggaran Pasprograr Lanmar Surabaya, Letkol Marinir Pangkalan Marinir Surabaya Didik Widioko, di Mataram (21/3).

“Ini merupakan wujud saling dukung, antara TNI-AL dan Pemerintah Provinsi NTB, salah satunya dengan membangun monumen MNEK berupa Tank Amfibi PT/76,” jelas Didik. Menurutnya Taman Malomba menjadi pilihan, karena dekat dengan markas TNI-AL sekaligus menjadi rangkaian dari renovasi stadion Malomba, Ampenan.

“Akan kita atur dan tempatkan tank amfibi PT/76, dengan berat sekitar 10 ton sebagai monumen. Tank buatan Rusia 1955 ini masuk Indonesia sekitar 1961 dan sempat ikut dalam penugasan Dwikora pembebasan Irian Barat 64-65 dan Operasi Seroja, Timor Timur,” katanya.

“Ini sudah mulai dikerjakan, pengerjaan dan pemasangan tank kurang lebih satu sampai satu bulan setengah. Tank akan dipasang pada ketinggian sekitar dua meter dengan berat tanpa mesin sekitar 12 ton, pastinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat,” ujar Didik.

Didik juga berharap, monumen tank tersebut akan menambah kecintaan dan kebanggaan masyarakat NTB terhadap TNI-AL dan kemaritiman nasional.

“Rencananya, monumen tank ini nanti akan diresmikan KASAL pada 5 Mei saat puncak kegiatan MNEX 2018,” tegasnya.

Dengan pembangunan monumen tank ini, berarti sudah ada dua monumen yang dimiliki Kota Mataram bekerjasama dengan TNI, yakni monumen tank dan pesawat.

Seiring dengan semakin berkembangnya kepariwisataan di daerah NTB, diharapkan dua monumen ini menjadi ikon yang menarik bagi wisatawan yang datang berkunjung ke NTB. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com