Mataram, LombokInsider.com – Sebagai produsen listrik energi terbarukan swasta terbesar di Asia Pasifik Equis Energy bekerjasama dengan Sinergi sebuah LSM dalam bidang pengembangan sistem pelatihan dan sertifikasi memberikan kesempatan pelatihan dan pengembangan keterampilan pada 80 siswa SMK se-Pulau Lombok.

Komitmen Bersama

“Ini merupakan komitmen perusahaan untuk terus membantu pengembangan SDM melalui pelatihan dan sertifikasi. Kami juga berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTB yang sangat mendukung pengembangan di sektor Energi Terbarukan ini,” ujar Daniel Asbury, Managing Director Equis Energy Indonesia pada acara Pelatihan dan Sertifikasi sektor Energi Terbarukan di Hotel Santika Mataram, Sabtu (10/2).

Equis Energy bermitra dengan Sinergi telah memberikan serangkaian pelatihan dan penilaian sertifikasi terhadap 80 siswa dari empat SMK di Lombok, diantaranya SMK 3 Mataram, SMK 1 Sakra, SMK 1 Praya Tengah dan SMK 1 Pringgabaya.

Pelatihan dan Sertifikasi

“Pelatihan berlangsung selama Januari 2018, yang terfokus pada pemasangan panel surya on-grid, serta pengoperasian, pemantauan dan pemeliharaan situs solar on-grid. Selanjutnya para peserta mengikuti tes uji kompetensi dan yang lulus menerima sertifikat yang diakui Departemen Tenaga Kerja dan Lembaga Sertifikasi Nasional Indonesia,” jelas Andrew Henderson, Development Director Sinergi.

Dukungan Pemerintah

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Rosyadi Sayuti yang mewakili Wagub dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini mengatakan Pemprov NTB sangat mendukung terhadap kegiatan-kegiatan pengembangan semacam ini, terutama dalam teknologi sektor energi terbarukan.

“Kami sangat mendukung pengembangan ilmu teknologi, apalagi ini menyangkut SDM dari SMK yang ada di Lombok. Tentunya hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi mereka saat lulus nanti. Khususnya dalam pengembangan teknologi sektor energi terbarukan, SDMnya masih sedikit sehingga peluang kerja terbuka lebar,” kata Sekda.

Sementara Mae Chu Chang, Direktur Sinergi menjelaskan tentang pekerjaan yang telah dilakukan dan rencana untuk terus mendukung sektor energi terbarukan di Lombok.

“Kami akan terus mendukung dan mengembangkan SDM dengan standar kompetensi nasional untuk tenaga professional di bidang teknologi energi terbarukan. Serta mendukung 12 sekolah kejuruan di Lombok untuk menerapkan kurikulum energi terbarukan dan memasang peralatan pelatihan, apalagi sudah ada komitmen dari Pemprov untuk mendukung program ini,” tegas Mae. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com