Mataram, LombokInsider.com – Menghadapi kondisi ketenagakerjaan Nusa Tenggara Barat yang ada sekarang dimana jumlah pencari kerja lebih besar berbanding dengan lapangan kerja yang terbatas, Wakil Gubernur NTB mengharapkan program pemerintah dalam rangka penciptaan dan perluasan kesempatan kerja dapat terus ditingkatkan.

“Terciptanya kesempatan kerja secara cerdas dan inovatif harus terus digalakkan, sehingga terjadi kegiatan yang bersifat ramah kesempatan kerja. Kepada para pencari kerja, tingkatkan terus keterampilan kerja sehingga terpenuhi semua kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan,” ucap Wagub NTB, H. M. Amin, S.H., M.Si pada saat membuka pameran bursa kerja di Lombok Epicentrum Mall (LEM) Mataram, Rabu (24/8).

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi NTB menyampaikan ucapan terima kasih semua pihak yang telah membantu secara aktif dalam penyelenggaraan pameran bursa kerja (job fair) 2016 ini. Degan terselenggaranya pameran bursa kerja ini, semoga dapat dimanfaatkan oleh pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja dengan sebaik-baiknya,” lanjut Wagub. Menurutnya pengangguran merupakan masalah yang sampai saat ini masih menjadi konsen pemerintah khususnya di NTB. Hal ini disebabkan karena timpangnya pertumbuhan antara angkatan kerja dengan kesempatan kerja yang tersedia terutama pada kesempatan kerja formal.

Wagub di Dampingi Sekretaris Disnakertrans NTB, Meninjau stand Pameran Bursa Kerja di LEM (24/8).

Wagub di Dampingi Sekretaris Disnakertrans NTB, Meninjau stand Pameran Bursa Kerja di LEM (24/8).

Sementara itu Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB, Drs. H. Sudarman M.M., menyatakan bahwa pameran bursa kerja ini diikuti oleh 30 perusahaan pengguna tenaga kerja/perusahaan dengan jenis usaha/ bidang jasa seperti perhotelan, perbankan, keuangan, transportasi dan perdagangan yang menyediakan lowongan kerja kurang lebih 20 jenis jabatan dengan kebutuhan lowongan kerja sebanyak 1300an orang.

Acara ini diselenggarakan untuk memfasilitasi calon tenaga kerja dalam upaya meminimalisir tingkat pengangguran terbuka yang ada di provinsi NTB saat ini, hal ini telah mampu mengurangi persentase pengangguran. Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2015 terdapat sebanyak 5,69% pengagguran, angka ini turun menjadi 3,66% pada bulan Februari 2016. Selanjutnya Wagub didampingi Sekretaris (Disnakertrans) Provinsi NTB, berkeliling meninjau setiap stand yang mengikuti pameran bursa kerja kali ini. (LI/SP)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com