Air Zamzam

 

Laporan ini juga menyebutkan bahwa jumlah air Zamzam yang diminum mencapai 35.000 ton atau 1.800.000 galon!

 

Makkah, LombokInsider.com – Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal, yang mengetuai Komite Haji Pusat, mengkaji laporan yang disampaikan oleh penasehat provinsi, Hisham Al-Faleh, mengenai upaya kantor gubernur dan lembaga terkait lain dalam masa umrah di bulan Ramadan.

Laporan ini menyatakan bahwa semua tahap perluasan Masjid Agung termasuk halaman dan mataf telah disiapkan untuk menerima dan melayani jamaah umrah dan orang yang sholat. Semua jalan dan ruang telah dialokasikan untuk tawaf di lingkungan Kabaa, atau lantai lain, dan atap telah siap, yang bisa menambah kapasitas mataf menjadi maksimum 107.000 orang per jam. Laporan ini juga menyebutkan bahwa jumlah air Zamzam yang diminum mencapai 35.000 ton atau 1.800.000 galon!

Laporan ini menyebutkan bahwa komite Rifada dan Siqaya, yang berada di bawah pengawasan kantor gubernur, telah membagikan 6 juta makanan buka puasa (iftar) selama Ramadan, yang diikuti oleh 45 lembaga amal dan 15 dapur dan restoran. Lebih dari 5,5 juta saji makanan telah dibagikan di Makkah dan King Abdulaziz International Airport di Jeddah, sementara jumlah perorangan yang turut menyumbang makanan ada 2.300 orang.

Laporan ini juga memuat keputusan-keputusan penting yang dikeluarkan oleh Pangeran Khaled Al-Faisal untu menangani permasalahan terkait dengan jamaah saat beribadah di bulan Ramadan. Ini termasuk pengaturan kawasan Kabaa untuk tawaf, sementara sholat harus dilakukan di ruangan, lantai perluasan dan lantai atas masjid selama Ramadan. Gerbang Al-Umrah akan dibuka sementara untuk sisa masa Ramadan dan terowongan Groul juga dioperasikan untuk jamaah masjid dan jamaah Umrah. Makanan gratis akan disediakan di halaman Masjid Agung.

Jembatan di sisi timur akan dibuka dan jam di halaman selatan, di depan King Abdul Aziz Gate akan dibongkar. Rumah sakit Masjid Agung dibuka untuk layanan medis untuk tamu Masjid Agung. Sekitar 20 juta jamaah sholat dan umrah tiba di masjid selama 20 hari dan tertampung di ruang yang memadai di perluasan sebelah utara.

Juga dilaporkan bahwa King Abdulaziz International Airport di Jeddah menerima jamaah Umrah terbanyak yakni 645.000; dan jumlah jamaah yang telah pulang mencapai 265.000 sampai tanggal 22 Ramadan melalui sekitar 2.400 penerbangan kedatangan dan 1.500 penerbangan pulang. (LI/KM)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono