NTB Gelar Lomba Menulis Berhadiah

MATARAM- Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) NTB dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) NTB menggelar lomba jurnalistik pariwisata berhadiah.

Kegiatan NTB Writing Competition 2016 yang didukung oleh PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) ini mengambil tema “Dari Pers untuk Kemajuan Pariwisata NTB” yang difokuskan pada kemajuan pariwisata NTB.

“Kami menyelenggarakan NTB Writing Competition 2016 bekerja sama PWI dan IJTI NTB serta didukung oleh PT Newmont Nusa Tenggara yang bertujuan mengkampanyekan gerakan pariwisata di NTB, merangsang tumbuhnya karya-karya jurnalistik yang berkualitas dan menjalin relasi antara pemerintah, swasta dan media massa,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTB, Lalu Muhammad Fauzal kepada wartawan di Kota Mataram, Sabtu (14/5).

“Kita berharap dengan lomba ini semakin banyak tulisan dan informasi yang diberikan ke masyarakat yang membahas tentang ekonomi dan pariwisata NTB,” ungkapnya.

Promosikan Pariwisata NTB

Sementara itu Ketua PersatuanWartawan Indonesia (PWI) NTB, Sukisman mengatakan ajang ini merupakan kegiatan positif bagi NTB dan sebagai bentuk apresisasi kepada insan pers yang turut mendukung pembangunan ekonomi dan pariwisata NTB.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan semoga banyak memberikan manfaat bagi NTB dan tentunya bagi insan pers, pemerintah daerah dan masyarakat,” harap Sukisman.

Dirinya mendukung kegiatan lomba menulis pariwisata NTB untuk jurnalis. Langkah tersebut menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata NTB serta mendukung pembangunan wisata.

“Kita mendukung kegiatan itu (Lomba menulis) sebab itu mendukung daerah. Apalagi saat ini Kementerian Pariwisata tengah fokus membangun pariwisata di NTB,” ujarnya saat ditemui di Kota Mataram, Senin (16/5).

Menurutnya, kegiatan bertema “NTB Writing Competition 2016” ini juga mendorong peningkatan kapasitas wartawan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan mempromosikan potensi wisata di NTB. Tidak hanya itu, kita juga mengapresiasi PT Newmont Nusa Tenggara yang mendukung kegiatan jurnalistik.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi NTB, Herman Zuhdi mengatakan lomba menulis pariwisata untuk jurnalis bisa menjadi ajang untuk mempromosikan objek wisata yang masih belum banyak terpromosikan.

“Objek wisata yang belum terekspos bisa menjadi referensi sebagai bahan tulisan.
Menurutnya, lomba jurnalistik ini pun bisa menjadi ajang bagi jurnalis mengetahui sejauh mana kapasitasnya dalam menulis. “Lomba ini menjadi ruang bagi wartawan mengukur kapasitasnya,” ungkapnya.

Terbuka untuk Semua Wartawan

Ketua Panitia Lomba NTB Writing Competition, Yusril Arwan mengatakan peserta lomba merupakan jurnalis se-NTB yang berasal dari media cetak, online dan televisi. Karya jurnalistik yang bisa diikutsertakan dalam lomba adalah karya yang sudah termuat di media masing-masing periode 1 April 2015 hingga Juni 2016.

Kategori karya yang bisa diikutsertakan untuk media cetak adalah berita lempang (straightnews) dan features karya untuk media online berupa berita straightnews dan features. Sementara untuk televisi berupa karya features dan liputan news.

Menurutnya, peserta bisa mengirim karya dari Mei hingga batas akhir pengumpulan karya pada 30 Juni 2016 dan masing-masing peserta maksimal mengirimkan 2 buah tulisan.

Yusril mengatakan peserta dari media cetak bisa mengirimkan bukti tayang karya jurnalistik yang sudah dimuat dengan format PDF, sementara media online bisa mengirimkan karya berbentuk PDF beserta link halaman situs berita. Sementara itu, untuk televisi, karya yang dikirimkan berformat video yang sudah dipublikasikan beserta bukti tayang berbentuk DVD.

“Karya yang dikirimkan harus merupakan karya orisinil dan dapat dipertanggungjawabkan. Bukan saduran, terjemahan, tidak berbau sara dan bukan advertorial/komersil. Karya yang pernah diikutsertakan dalam lomba lain tidak boleh diikutsertakan,” ungkapnya.

Ia menuturkan semua peserta bisa mengirimkan karya lomba ke e-mail ntbwritingcompetition2016@gmail.com  menambahkan pengumuman pemenang lomba akan disampaikan pada acara puncak di Taman Budaya, akhir Juli 2016 mendatang. (LI/KM)

 

Keterangan foto:

Ketua PWI NTB, Achmad Sukisman (kiri) bersama Ketua IJTI NTB, Herman Zuhdi (kanan) saat memberikan keterangan pers terkait penyelenggaraan menyelenggarakan event NTB Writing Competition 2016 yang bertemakan “Dari Pers untuk Kemajuan Pariwisata NTB” yang difokuskan pada kemajuan pariwisata NTB. Event tersebut terselenggara atas kerja sama PWI dan IJTI NTB serta didukung oleh PT Newmont Nusa Tenggara yang bertujuan mengkampanyekan gerakan pariwisata di NTB, merangsang tumbuhnya karya-karya jurnalistik yang berkualitas dan menjalin relasi antara pemerintah, swasta dan media massa.

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono