Mutiara Terbesar Dunia dari Puerto Rico

LombokInsider.com – Bila kita berjalan-jalan ke Sekarbela dan melihat-lihat di toko-toko mutiara yang ada di sana, kita akan melihat jajaran perhiasan mutiara kecil-kecil indah yang beratnya dalam kisaran gram. Itu pun harganya sudah jutaan rupiah per gram. Bagaimana kalau ada mutiara sebesar 34 kg?

Ya, sebuah mutiara sebesar 34 kg sudah sepuluh tahun terakhir ini dimiliki oleh keluarga Aileen Cynthia Amurao di Puerto Rico. Mereka hanya menyimpan mutiara raksasa dan paling mahal itu di bawah ranjang dan dianggap sebagai jimat keberuntungan. Namun baru-baru ini mutiara tersebut dipajang di kantor pariwisata setempat untuk menarik wisatawan. Demikian dilaporkan oleh Ben Westcott, CNN (25/8).

Mutiara ‘beliq’ tersebut awalnya ditemukan dalam kerang raksasa, kata Petugas Pariwisata Kota Puerto Princesa, Aileen Cynthia Amurao.

Aileen Cynthia Amurao berpose dengan mutiara raksasanya di balai kota. (Foto: FB Amurao)

Aileen Cynthia Amurao berpose dengan mutiara raksasanya di balai kota. (Foto: FB Amurao)

Dikatakannya, keluarganya menemukannya dan selama ini digunakan untuk jimat keberuntungan. “Kakak saya sudah melupakan mutiara ini sampai dia mau pindah rumah, dan dia ingat bahwa dia menyimpan sesuatu di bawah tempat tidurnya,” kata wanita ini.

Pada 20 Agustus, Amurao memasang foto-foto mutiara monster itu di Facebook, meminta ahli-ahli permata untuk memastikan berat dan harga mutiara tersebut.

“Kami tidak bisa memastikan bahwa mutiara ini langka sampai dilakukan pengujian yang mendalam,” kata Amurao.

Mutiara Lao Tzu adalah mutiara terbesar dunia yang dikenal sebelumnya. Mutiara ini beratnya 6,4 kg dan garis tengahnya 24 cm. Mutiara ini ditemukan di lepas pantai barat Filipina di lautan Palawan.

Sebagai perbandingan, Amurao mengatakan bahwa mutiara Puerto Princesa berukuran 67 cm panjang dan 30 cm lebar.

“Kami memutuskan untuk menggunakan mutiara ini sebagai salah satu atraksi wisata di kota ini,” katanya. “Mutiara ini telah dipajang di balai kota.”

Namun bila Anda berniat untuk pergi menyelam dan mendapatkan mutiara yang bernilai jutaan dollar ini, Anda kurang beruntung karena Amurao tidak akan mengatakan di mana keluarganya menemukan mutiara tersebu.

“Kami tidak akan mengungkapkan tempat di mana mutiara ini ditemukan. Kami tidak akan memberikan informasi lebih lanjut lagi tentang asal muasal mutiara ini,” kata Amurao.

Nah, mungkin kita perlu cari mutiara alam raksasa ini di perairan Nusa Tenggara Barat. Penulis pernah melihat fosit kerang-kerang raksasa dengan panjang lebih dari satu meter di Sumbawa Barat. Mungkin kerang-kerang raksasa itu juga menghasilkan mutiara.

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono