MTQ XXVI 2016

Mataram, LombokInsider.com – Paruh kedua 2016 bakal menjadi periode yang meriah dan sibuk dalam kalender kegiatan pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan penelurusan LombokInsider.com sampai Rabu (22/6) setidaknya ada 12 even besar yang bakal digelar pada periode ini.

Even-even ini bisa dibagi menjadi dua kelompok besar yakni even olah raga dan even seni & budaya. Ada empat even olah raga dan ada 8 even seni & budaya yang tersebar hampir di seluruh kabupaten atau kota di Provinsi Nusa Tenggara.

Juli yang Sibuk

Juli adalah periode yang paling sibuk. Ada empat even dalam bulan ini yakni dua even olah raga dan dua even seni budaya.

Even pertama adalah Festival Adat Bayan yang akan digelar pada 14 – 15 Juli di Bayan, Kabupaten Lombok Utara yang akan menyuguhkan atraksi-atraksi kesenian masyarakat setempat. Even serupa juga digelar di Sumbawa Barat yakni West Sumbawa Festival di mana akan disajikan kesenian tradisional, festival musik dan dirangkaikan dengan kejuaraan selancar air tingkat Asia di Pantai Yoyo’s, Sekongkang, Sumbawa Barat. Pada 30 Juli di tempat yang sama akan diadakan Sekongkang Mountain Bike Adventure 2016.

Kalender Kegiatan Wisata NTB Semester II 2016

Kalender Kegiatan Wisata NTB Semester II 2016

Puncak even pada Juli adalah Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional XXVI yang berlangsung dari 28 Juli sampai 8 Agustus di Mataram, Lombok Barat dan Lombok Tengah. Ini merupakan even nasional terbesar di NTB dalam tahun 2016 dan diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 10.000 peserta dan pengunjung.

Even Olah Raga

Dua even tingkat internasional juga akan digelar di Lombok pada semester ini. Yang pertama adalah The Third Serioes of Paragliding Accuracy World Cup yang akan digelar pada 5 – 7 Agustus di Pantai Are Guling, Lombok Tengah dan diikuti oleh 120 peserta dari seluruh dunia; selain kejuaraan nasional yang akan diikuti oleh atlet-atlet nasional.

Even internasional yang sangat prestisius adalah balap sepeda Gran Fondo New York (GFNY) Indonesia yang akan digelar di Lombok pada 2 Oktober. Ribuan peserta diperkirakan mengikuti even bersepeda internasional ini.

Pewarta/Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono