Hotel Santika Lombok
Bidy Tour

Agen perjalanan pun membuat paket spesial Ramadhan seperti Bidy Tour.

Mataram, LombokInsider.com – Bulan Ramadhan menghadirkan peluang dan tantangan bagi pelaku industri pariwisata. Strategi promosi pun dibuat untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan dengan membuat paket-paket khusus Ramadhan.

Bagi beberapa hotel berbintang persiapan yang sudah lumrah dilakukan untuk menyambutnya yakni dengan mempersiapkan paket-paket menarik ramadhan untuk meningkatkan tingkat hunian. “Seperti tahun-tahun lalu, kami di Hotel Santika sudah menyiapkan paket-paket spesial Ramadhan, buka puasa dan sahur bersama dengan menu lokal berkualitas untuk memberikan kepuasan kepada para tamu langganan hotel kami,” jelas Reza Bovier General Manager Santika Hotel Mataram.

Ramadhan merupakan pengalaman baru bagi Hotel Golden Tulip yang merupakan hotel jaringan internasional. “Karena ini Ramadhan pertama sejak kami beroperasi Februari lalu, maka kami harus membuat gebrakan khusus di bulan ini. Kami sudah menyiapkan acara buffet dinner sepanjang ramadhan berlaku untuk umum bukan hanya tamu hotel. Dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp99.000 nett para tamu sudah dapat makan sepuasnya,” jelas Askar DG Kamis, General Manager Hotel Golden Tulip

“Semoga dengan strategi ini kami dapat menjalani bulan Ramadhan dengan aman, dengan tingkat hunian yang mungkin sedikit menurun. Karena itu kami juga mencari celah-celah lain yang dapat membantu meningkatkan tingkat hunian yang biasanya memang menurun di minggu pertama ramadhan,” Askar menambahkan.

Tampil Beda

Penampilan berbeda juga dilakukan Golden Palace hotel yang sudah beroperasi selama dua tahun. “Kami di Golden Palace sudah ada persiapan khusus, dari dekorasi yang ada di lobby ada bedug dan juga restoran dihiasi pernak-pernik bernuansa ramadhan, demikian juga seragam staff hotel kami sesuaikan,” jelas Ida Ayu Nyoman Sri Utami, executive secretay & humas GP hotel.

“Tingkat hunian biasannya memang menurun di minggu kedua dan tiga Ramadhan. Oleh karena itu kami juga sudah menyiapkan paket-paket promosi. Untuk harga kamar ada penawaran khusus sudah termasuk paket buka puasa bersama,” tegas Dayu.

Hal yang sama juga dialami oleh biro perjalanan wisata. Bidy Tour misalnya berusaha untuk memberikan penawaran paket-paket khusus yang lebih menarik dari hari biasa. “Strategi ini selalu kami lakukan sepanjang bulan puasa. Sebagai pemain lama kami paham betul dengan menurunnya kunjungan wisatawan terutama wisatawan nusantara, karena mayoritas mereka adalah muslim,” jelas Yan Hamidy, manajemen Bidy Tour.

Dari penelusuran lombokinsider.com secara umum penurunan kunjungan wisatawan terutama nusantara pasti terjadi di minggu-minggu pertama bulan Ramadhan. Sekarang  bagaimana strategi masing-masing pelaku pariwisata untuk mensiasati keadaan ini karena biasanya diakhir Ramadhan menjelang libur hari raya Idul Fitri maka keadaan akan berangsur normal bahkan tingkat hunian akan meningkat. (LI/AA)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono