Mataram, LombokInsider.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi mendirikan kantor cabangnya di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pendirian kantor ini bertujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan diri kepada pemerintah daerah, instansi, asosiasi profesi dan masyarakat di Provinsi NTB.

“Melalui pendirian kantor cabang ini diharapkan meningkatkan jumlah investor daerah, serta mendorong perusahaan yang ada di daerah untuk memanfaatkan pasar modal sebagai pembiayaan jangka panjang,” kata Tito Sulistio, Dirut BEI, pada peresmian kantor baru cabang Mataram, di Jalan Pejanggik 47C.

“Dari 200 ribu investor domestik atau daerah, BEI mencatat dana yang dimobilisasi melalui pertumbuhan ekonomi dalam kurun dua tahun terakhir mencapai Rp765 Triliun per tahun,” lanjut Tito. Dirut BEI ini mengatakan bahwa BEI juga melakukan pencanangan Masyarakat Nabung Saham.

“Menabung melalui bursa saham adalah investasi modern jangka panjang dan membuat karir di masa datang, ini yang saya sampaikan pada kuliah umum di UNRAM,” ujarnya.

Menurutnya saat ini minat masyarakat untuk menjadi investor bursa saham meningkat dibandingkan beberapa tahun silam. “Faktanya dana kerdit bank mencapai top pada 2013 sebesar Rp500 Triliun, kemudian turun terus hingga mencapai kurang dari Rp200 Triliun untuk 2017 ini. Jika 30 tahun lalu orang simpan uang di bawah bantal, sekarang trennya berubah, tanpa sadar mereka menyimpan uang di bank, dana pensiun, asuransi dan pasar modal,” jelas Tito.

I Gusti Ngurah Sandiana, Kepala Cabang BEI di Mataram mengatakan bahwa kantor cabang di Mataram merupakan yang ke 28 dan selanjutnya akan ada di 34 provinsi, seluruh Indonesia.

“Ini merupakan kantor ke 28 di Indonesia yang telah go publik, potensi pertumbuhan ekonomi di NTB cukup besar, seiring jumlah investor yang dimiliki Provinsi ini,” ucapnya.

Hingga akhir Oktober jumlah investor Pasar Modal di NTB mencapai 1.951 Single Investor Identification (SID). Dengan rincian, Mataram 922 SID, Lombok Tengah 224 SID, Sumbawa Besar 208 SID, Bima 171 SID, Lombok Barat 163 SID, Sumbawa Barat 51 SID, Dompu 44 SID dan Lombok Utara 5 SID.

Menurut Ngurah, setelah peresmian kantor perwakilan BEI di Mataram, ada lima perusahan efek anggota bursa yang telah menyatakan minatnya kepada BEI untuk ikut membuka perwakilan di Mataram. Diantaranya, Phintraco, Kresna, Indo Premier, Philip dan MNC Sekuritas. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com