Pelepasan kafilah NTB MTQN 2016 oleh Wagub

Mataram, LombokInsider.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama sponsor Telkomsel akan memberikan hadiah empat paket umroh dan sejumlah uang untuk kafilah NTB yang berprestasi dalam Musabaqah Tilawatil Quran XXVI di Lombok yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 30 Juli.

Demikian dikatakan oleh Wakil Gubernur Provinsi NTB, H. Muh Amin, SH, M.Si saat memberikan sambutan dan motivasi dalam pelepasan Kafilah Provinsi NTB Menuju MTQ Nasional XXVI Tahun 2016 di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Provinsi NTB, Jumat (29/7).

SIAP TEMPUR. Kafilah wanita NTB siap meraih prestasi.

SIAP TEMPUR. Kafilah wanita NTB siap meraih prestasi.

“Bagi yang mampu mendapatkan juara dan berprestasi, pemerintah Provinsi NTB bersama sponsor dari Telkomsel akan memberikan hadiah umroh bagi empat orang peserta kafilah utusan NTB dan sejumlah uang. Karena itu para qori’ dan qori’ah harus mengikuti arahan para pelatih agar bisa tampil maksimal dan mendapatkan bonus dari pemerintah,” kata Wagub Muh. Amin.

Wagub NTB juga tak henti-hentinya mengingatkan kepada para peserta, pelatih dan seluruh masyarakat NTB untuk memegang tiga prinsip kesuksesan yakni sukses sebagai penyelenggara, sukses dalam prestasi dan sukses secara ekonomi.

“Dengan banyaknya tamu yang datang maka akan berkembang pula ekonomi kreatif kita, tentu akan memberikan peluang besar secara ekonomi bagi para pedagang cinderamata, kuliner dan lainnya,” tambahnya.

Acara pelepasan kafilah NTB diawali pembacaan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh salah satu peserta cabang tilawah golongan cacat netra Al Hamudin. Ketua Kafilah Provinsi NTB Drs. H. Faturrahman, M.Si melaporkan bahwa para kafilah yang mengikuti kompetisi telah melakukan proses seleksi dari tingkat kelurahan dan akhirnya tersaring mewakili masing-masing kabupaten atau kota. “Jadi mereka ini adalah yang terbaik dari masing-masing kabupaten dan kota,” kata Drs H. Faturrahman, M.Si.

RESTU. Berupaya maksimal meraih prestasi demi NTB

RESTU. Berupaya maksimal meraih prestasi demi NTB

Seluruh peserta nantinya akan mengikuti MTQ XXVI terbagi dalam tujuh cabang dan 18 golongan musabaqah. Ketujuh cabang tersebut adalah Tilawah Al Quran, Hifzh Al Quran, Tafsir Al Quran, Fahm Al Quran, Syarh Al Quran, Khath Al Quran, dan Menulis Makalah Ilmiah Al Quran (M2IQ). Adapun 18 golongan lomba terdiri dari: enam golongan cabang tilawah Al-Quran (dewasa, remaja, anak-anak, tartil, cacat netra, serta qiraah sabah); lima golongan cabang Hifzh Al Quran (1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz); tiga golongan cabang Tafsir Al Quran (Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris), serta empat golongan cabang Khath Al Quran (naskah, hiasan mushaf, dekorasi, dan kontemporer).  (LI/SP)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono