Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi dan perwakilan kontingen Jamnas NTB.

Mataram, LombokInsider.com – Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr TGH M. Zainul Majdi mengharapkan kontingen NTB dalam Jambore Nasional (Jamnas) X Pramuka Tahun 2016 bisa berjaya dan menunjukkan prestasi serta mengharumkan nama NTB.

“Anak-anakku sekalian. Kalian adalah anggota praja muda karana yang beruntung bisa ke Cibubur. Tunjukkan bahwa pramuka NTB adalah pramuka yang hebat. Saya berharap dan saya yakin bahwa kontingen NTB pasti akan pulang membawa tanda kehormatan dan prestasi-prestasi besar,” kata Gubernur Zainul Majdi saat pelepasan kontingen Jambore Nasional (Jamnas) NTB di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Rabu (10/8).

PELEPASAN. Gubernur menyerahkan bendera pramuka kepada Ketua Kontingen Pramuka, Fathul Gani., M. Si.

PELEPASAN. Gubernur menyerahkan bendera pramuka kepada Ketua Kontingen Pramuka, Fathul Gani., M. Si.

Sebelum menyampaikan sambutannya, Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah NTB terlebih dahulu menyematkan beberapa penghargaan yang dilanjutkan dengan penyerahan bendera pramuka kepada Ketua Kontingen Pramuka, Fathul Gani., M. Si sebagai tanda pelepasan kontingen utusan NTB secara resmi.

Gubernur juga mengungkapkan syukur dan kebanggannya pengabdiannya Pramuka kepada Negara Republik Indonesia. Namun Gubernur juga berpesan agar anggota Pramuka membekali diri dengan kepribadian dan moral yang mulia. “Kecerdasan dan kepintaran tidak cukup untuk membangun Indonesia. Yang paling penting adalah kita juga membutuhkan kepribadian yang kokoh dan mulia,” jelas Gubernur Zainul Madji.

Keren Gembira Asyik

Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady H. Sayuti, PhD., selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka NTB sebelumnya melaporkan bahwa Jambore Nasional akan berlangsung dari tanggal 14 Agustus sampai dengan 21 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta dan rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia.

Dijelaskannya, jumlah peserta utusan NTB yang mengikuti Jamnas tahun ini kurang lebih 443 orang. Ia juga mengatakan tema atau tujuan Jamnas tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya yakni “Keren Gembira Asyik”.

Logo Jamnas 2016

Logo Jamnas 2016

“Saya mendoakan semoga seluruh peserta Jamnas sehat wal’afiat agar dapat bergembira dalam mengikuti Jamnas tahun ini,” kata H. Rosiady.

Jambore Nasional (Jamnas) adalah Pertemuan Pramuka Penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas). Jambore Nasional dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dengan peserta dari perwakilan seluruh Kabupaten dan Kota se-Indonesia. Jambore Nasional pertama kali dilaksanakan pada tahun 1973 di Situ Baru Jakarta.

Jambore merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. (LI/SP)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono