BERJUANG. Farhan saat mengikuti lomba karya ilmiah Al Qur'an dalam MTQN 26 di Mataram.

 

Mataram, LombokInsider.com – Di antara sekitar 1200 peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional XXVI di Lombok, ada seorang peserta yang merupakan taruna Akademi Polisi (Akpol). Namanya Farhan Arif Sumawiharja, wakil Jawa Tengah untuk cabang lomba Penulisan Karya Ilmiah Al-Qur’an.

Farhan terpilih mewakili Jawa Tengah untuk cabang lomba ini karena ia juara pertama untuk cabang lomba ini pada MTQ tingkat provinsi Jateng pada 2015. Dalam cabang ini para peserta membuat karya ilmiah kemudian dipresentasikan di hadapan majelis hakim.

“Saya membuat dua tulisan yang pertama berjudul Implementasi Catur Prasetya (Doktrin Kerja Polri) dalam Prespektif Al-Qur’an dan yang kedua berjudul Al-Qur’an sebagai Filter pada Kesetaraan Gender,” kata Farhan, Taruna Akpol Angkatan 48 yang lulusan pondok pesantren Da’ar El-Qalam, Kampung Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

BANGGA. Farhan saat menyerahkan karya ilmiah kepada dewan juri.

BANGGA. Farhan saat menyerahkan karya ilmiah kepada dewan juri.

Dalam lomba ini Farhan berhasil maju sampai babak semifinal dan menduduki enam besar. “Saya sangat bangga bisa tampil di MTQN 2016 di Mataram ini. Kemenangan bukan segalanya. Yang lebih penting adalah bisa turut mensyiarkan Al-Qur’an sebagai Qalam Ilahi kepada masyarakat luas,” kata Farhan saat ditemui di M-Hotel, Cakranegara, tempat kafilah Jawa Tengah.

Terkesan dan Kagum

MTQN 2016 bukanlah pengalaman pertama Farhan ke Lombok. Farhan pertama ke NTB pada 2011 saat mengikuti Musabaqah Fahmi Kutubut Tsurah (MUFAKAT) yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darunnahdlatain Nahdlatul Wathan, Pancor, Lombok Timur. “Alhamdulillah pada waktu itu saya dapat Juara III, pada cabang lomba debat Bahasa Arab,” lanjut Farhan, anggota Batalyon Hasta Dharaha, yang juga pernah mengikuti Jambore Pramuka ASEAN.

Sebagai tamu Farhan mengaku sangat terkesan dengan penyambutan dan antusiame masyarakat NTB sebagai tuan rumah. “Sangat luar biasa NTB sebagai tuan rumah terlihat disepanjang jalan kiri kanan, terlihat setiap tempat memasang spanduk dalam rangka berpartisipasi mensukseskan MTQN ini,” tutur anak pasangan Mayor Angkatan Laut H. Ahmad Yani dan Hj. Nur Badria ini.

Farhan juga sangat terpukau ketika menyaksikan secara langsung acara pembukaan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Sabtu (30/7) lalu, yang disemarakan oleh berbagai pentas kreasi seni dan budaya. “Kami dari Jateng terdiri dari 40 orang kafilah dan saya didampingi oleh AKP. Edi Widagdo dari Akpol, saya pribadi sangat berterima kasih kepada Kapolda dan pejabat lainnya serta angota kepolisian NTB yang ada di Mataram khususnya atas segala dukungannya,” jelas Farhan, kelahiran Jakarta, 1994.

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono