Mataram, LombokInsider.com – Amy Shientiarizki, dokter muda lulusan Universitas Mataram, memenangi Lomba Duta Wisata Halal Lombok Sumbawa setelah mengungguli sembilan finalis lainnya dalam final akhir yang digelar pada Sabtu (7/5) di Hotel Golden Tulip, Mataram.

“Bahagia dan bangga banget karena baru pertama kali diadakan langsung juara,” tutur Amy Shientiarizki, kepada LombokInsider.com sesaat setelah penganugerahan juara.

Para finalis dipilih melalui seleksi ketat sejak 5-6 Mei. Dari 130 peserta kemudian disaring hanya 26 peserta untuk maju ke babak final. “Setelah melalui proses penjurian ke-26 orang peserta finalis diseleksi sehingga menyisakan 10 orang. Kesepuluh finalis inilah yang diuji oleh para juri dengan pertanyaan seputar hafalan surat pendek Al Qur’an, pengetahuan umum, psikologi dan bakat-bakat yang mereka masing-masing miliki,” kata Lutfah Nur Rahayu, SH, MH ketua panitia Lomba Duta Wisata Halal Lombok Sumbawa dalam sambutannya pada Grand Final.

Lomba pencarian bakat dan edukasi penggunaan jilbab syar’i ini bertujuan untuk mencari Duta Wisata Halal Lombok Sumbawa. Lomba ini juga sebagai ajak promosi Lombok sebagai destinasi wisata halal dan menyambut MTQ Nasional XXVI. “Acara semacam ini, insya Allah harus sering diadakan untuk memberikan edukasi kepada muslimah agar paham bagaimana berpenampilan syar’i dan didukung dengan kecerdasan spiritual dan intelektual,” kata Rahayu.

Ditambahkan oleh Rahayu, selanjutnya hal yang sama akan kita adakan di Jawa Timur dilanjutkan ke Jakarta, dengan lebih meningkatkan kualitas penilaian terutama di bidang pengetahuan spiritual. Masih menurut Rahayu para finalis ini otomatis menjadi anggota komunitas wajah syar’i yang ikut mendakwahkan pemakaian hijab syar’i di manapun mereka berada, jelasnya.

Sementara itu, Risty Tagor yang menjadi bintang tamu Wajah Syar’i Indonesia mengungkapkan kekagumannya pada pariwisata Lombok. “Selama ini saya mendengar Lombok sebagai Pulau Seribu Masjid. Ternyata, setelah berkunjunga ke Lombok, saya pikir julukan itu tidak berlebihan karena kehidupan religi Islami di Lombok begitu terlihat sampai keseluruh lapisan mayarakat. Sangat pantas jika saat ini Lombok menjadi salah satu destinasi wisata halal,” kata Risty Tagor, bintang tamu Wajah Syar’i Indonesia.

juara-duta-wisata-halal

Juara-juara Duta Wisata Halal Lombok Sumbawa

Hasil lengkap lomba ini adalah Juara I Amy Shientiarizki, dokter Muda FK Unram dari Mataram; Juara II Peni Nurhayati Rahayu, Guru dari Gerung, Juara II Nisrina Noviat, Mahasiswi, Mataram;  Juara Harapan I & II Bq. Retno Sofiana, wirausahawati, Pagutan dan Denia Haritsa Apriliani, mahasiswi FK. Unizar. Sementara juara Favorit diraih Denia Haritsa Apriliana saudara kembar dari Apriliani yang juga kuliah di FK Unizar, sedangkan Fitriani Susanti, S1, Mataram mendapatkan juara The Best Busana Syar’i. (LI/AA)

Tags:
About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono