Emirates

Mataram, LombokInsider.com – Maskapai penerbangan Emirates menjajaki penerbangan dari Dubai, Uni Emirat Arab ke Lombok, Indonesia. Hal ini terungkap saat Kepala Perwakilan Emirates Indonesia, Mr. Sathish Sethi menemui Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, di ruang kerjangnya, Senin (6/6).

Maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Dubai, Uni EmiratArab  tersebut akan melakukan beberapa langkah analisis terhadap pelbagai potensi dan kelayakan penerbangan dengan destinasi Lombok. Penjajagan tersebut merupakan tindak lanjut dari  Momerandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Pariwisata dengan Emirates dan menindaklanjuti arahan Menteri Pariwisata karena dalam MoU tersebut dan diarahkan pula untuk membuka penerbangan dengan tujuan Lombok.

“Inti MoU tersebut adalah untuk mempromosikan Indonesia ke dunia dan di dalamnya Emirates membuka jalur. Pak Menteri menyampaikan, ayo ke Lombok itu dibuka. Lombok kan udah dapat Awards nih. Awardsnya sendiri gak gampangkan.  Jadi harus diberi akses agar   betul-betul kita dapat manfaat dari pengahargaan yang diterima,” ungkap Robert D Waloni, Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Aksesibilitas Udara, Kementerian Pariwisata yang mendampingi Kepala Perwakilan Emirates Indonesia.

Mengenai tahap-tahap  yang  sudah  dilakukan,  manajemen Emirates akan melakukan survei   ke bebarapa tempat, termasuk di daerah wisata potensial seperti Mandalika Resort. “Dari sisi destinasi, Lombok sudah kuat. Lombok ini punya pangsa pasar yang besar bagi dunia. Kami ingin mempromosikan itu ke dunia,” jelasnya.

Terkait itu, Gubernur NTB menyampaikan komitmen dan dukungan penuh atas rencana tersebut. Menurutnya, kerjasama ini akan berjalan baik apabila semua pihak memiliki   pemahaman yang sama terkait pembangunan, khususnya pariwisata yang menjadi prioritas pemerintah. Orang nomor satu di NTB tersebut memastikan dukungan semua stakeholder   terkait rencana Emirates tersebut akan berjalan baik.

“Kalau bisa, dalam waktu yang tidak  terlalu lama, kita akan melihat Emirates mendarat di Lombok,” ungkapnya saat menerima delegasi tersebut.

Selain itu, Gubernur menyampaikan rencana Emirates tersebut merupakan peluang bagus untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di NTB, terutama dari Timur Tengah. Emirates   mampu mengangkut para wisatawan lebih dari 45 negara dalam satu kali penerbangan. Hal   ini dimungkinkan karena Dubai merupakan International Hub dan hal itu pula yang membedakan Emirates dengan penerbangan-penerbangan lain.

“Apapun yang diperlukan untuk kelancaran program ini, kami siap menyediakannya,” tegas Gubernur. (LI/SP)

Gubernur NTB menerima perwakilan Emirates dan staff ahli Kemenpera.

Gubernur NTB menerima perwakilan Emirates dan staff ahli Kemenpera.

Tags:
About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono