Mataram, LombokInsider.com – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mendapat kunjungan tamu khusus pada Selasa (9/7). Sekitar tiga puluh pemuda dari 10 negara di ASEAN, termasuk Indonesia datang khusus ke NTB untuk melihat dan belajar berbagai hal. Salah satunya, terkait dengan harmonisnya kehidupan masyarakat NTB meskipun berbeda agama, suku, rasa dan golongan.

Para pemuda tersebut sedang mengikuti ASEAN Youth Interfaith Camp 2019, yang berlangsung di Jakarta. Selain Jakarta, mereka juga memilih NTB sebagai salah satu lokasi untuk melakukan studi banding terkait keberagaman. Kegiatan ini berlangsung dari 7 hingga 11 Juli 2019 dengan tema “Culture of Prevention For Peaceful, Inclusive, Resilient, Healthy and Harmonious Society”.

Mereka disambut hangat oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi NTB, Ir. Ridwan Syah, M.Sc.,MM.,M.Tp dan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga NTB, Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM. di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB.

Sebagian besarnya para pelajar dan mahasiswa ini, memilih NTB karena terkesan dengan kehidupan masyarakat yang harmonis, saling membantu serta saling menghormati meskipun memiliki latar belakang suku, agama, budaya dan golongan yang berbeda.

Xyza Vasily Guenyawan Dela Pena, dari Philipines misalnya. Ia merasa terkesan dengan NTB dan mengungkapkan, NTB tidak hanya terkenal dengan keindahan alam atau destinasi wisatanya. Namun juga menjadi tempat untuk belajar bagaimana hidup harmonis dengan seluruh masyarakat yang berbeda keyakinan.

“NTB adalah daerah yang pariwisatanya sangat bagus. Tidak hanya bagus dikunjungi namun juga menjadi tempat untuk meningkatkan pemahaman keagamaan yang kita miliki,” ungkapnya dalam bahasa Inggris. (LI)

Tags:
About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com