Ledakan bom di dekat masjid Nabawi Madinah

Sebuah foto dari media sosial dilaporkan menunjukkan mobil terbakar dari ledakan di tempat parkir di Marjid Haram Nabawi, Masjid Nabi, di Kota Madinah pada Senin, 4 Juli  (Photo courtesy: Twitter)

Madinah, Senin, 4 Juli

Empat anggota pasukan keamanan Saudi tewas Senin setelah terjadi serangan bom bunuh di diri di Madinah di dekat masjid Nabawi, salah satu tempat paling suci umat Islam.

Koresponden Al Arabiya News Channel mengatakan bom bunuh diri terjadi di tempat parkir antara gedung pengadilan dan masjid, yang dikunjungi jutaan orang setiap tahun. Al Arabiya menunjukkan gambar-gambar api yang sedang berkobar di tempat parkir dengan satu mayat terlihat di dekatnya. Pengebom bunuh diri juga tewas dalam serangan ini.

Serangan dekat masjid Nabawi terjadi saat waktu sholat magrib, saat orang Islam berbuka puasa selama bulan suci Ramadan.

Koresponden Al Arabiya News Channel mengatakan pengebom bunuh diri menyasar tujuh petugas

Mayat terlihat di dekat ledakan di Madinah, laporan Arab News.

Mayat terlihat di dekat ledakan di Madinah, laporan Arab News.

keamanan saat dia berpura-pura mau berbuka puasa dengan para petugas tersebut.

Petugas keamanan telah mengamankan daerah tersebut.

Dua juta pengunjung telah tiba di Masjid Suci Nabawi selama Ramadan untuk menyelesaikan bacaan Al Qur’an. Koresponden Al Arabiya mengatakan bahwa pengunjung tidak takut dengan adanya serangan tersebut dan tetap pergi ke masjid untuk melakukan sholat Isha, yang dilakukan segera setelah selesai buka puasa.

Dua serangan bom bunuh diri telah terjadi sebelumnya di timur kota Qatif Senin petang setelah sebuah serangan terlebih dahulu digagalkan di Jeddah.

Koresponden Al Arabiya News Channel mengatakan para jamaah tidak terluka akibat serangan ini. Para saksi mata mengatakan melihat bagian tubuh mayat di tempat kejadian yang dipercaya berasal dari pengebom bunuh diri itu sendiri.

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono