Mataram, LombokInsider.com – Tidak terasa, dua tahun sudah Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Lombok terbentuk. Selama ini Poltekpar telah terlibat di berbagai event. Baik yang diselenggarakan oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sepuluh Kabupaten/Kota yang ada di NTB bahkan event-event di tingkat Nasional dan Internasional.

Dengan slogan “A World Class Tourisim Polytechnic”, Poltekpar Negeri Lombok ikut memeriahkan Festival Mataram (23-25/11) lalu, menampilkan sebuah parade dengan melibatkan para calon pengabdi pariwisata terbaik di NTB yang go internasional.

“Pada parade tersebut kami melibatkan 100 perwakilan mahasiswa yang tersebar di tiga rangkaian kegiatan yaitu parade budaya, pagelaran seni dan stand kuliner,” kata koordinator mahasiswa Anas Pattaray.

“Mengusung tema Parade Nusantara, Poltekpar Lombok untuk NTB. Poltekpar Lombok hadir di NTB untuk memperkuat pendidikan vokasional di bidang industri pariwisata. Semangat yang menyertai para mahasiswa dan civitas akademika Poltekpar Negeri Lombok yang selalu didengungkan yakni, POLTEKPAR LOMBOK…Yes We Can,” ungkap Anas, yang merupakan putra daerah NTB ini.

“Selain pelaksanaan perkuliahan, kami juga menyelenggarakan pembelajaran di luar perkuliahan seperti esktra kurikuler dan kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan pengembangan kepariwisataan di NTB khususnya,” jelas Iswayana, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan.

“Salah satu ekstra kurikuler yang dibentuk adalah ekstra kesenian yang merupakan esktra kurikuler yang mengakomodir seluruh talenta dan potensi mahasiswa Poltekpar Negeri Lombok untuk dibina mengembangkan bakatnya di bidang kesenian,” lanjutnya.

Kesenian yang dimaksud adalah kesenian yang mendukung pengembangan pariwisata baik itu seni pertunjukan, seni media dan seni musik. Mahasiswa Poltekpar Negeri Lombok ingin menunjukkan sebuah identitasnya sebagai pengabdi pariwisata di NTB yang tidak hanya memiliki keterampilan di bidang kepariwisataan tetapi juga merupakan refresentasi dari pendidikan pariwisata terbaik di NTB khususnya dan Indonesia Timur pada umumnya.

Dukungan dari seluruh civitas akademika sangat diperlukan dalam rangka menunjang pengembangan pariwisata dari seluruh dimensi. Salah satu bentuk dukungan yang dibutuhkan adalah keterlibatan Poltekpar Negeri Lombok dalam seluruh kegiatan untuk pengembangan pariwisata di NTB. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com